Jajanan Korea Hits, Viral dan Sering Banget Muncul

Diposting pada

Jajanan Korea – Sudah pernah dengar Negara Korea? Selain terkenal karena K-drama, Korea juga terkenal dengan jajanannya yang menggugah selera. Jajanan Korea ini sudah banyak ditemukan di Indonesia loh, dan ternyata banyak juga yang sesuai dengan rasanya.

Jajanan Korea Wajib Dicoba

Jajanan Korea

Jajanan Korea memiliki khas warna merah  menyala, warna merah ini karena adanya saus  biasanya disebut gochujang. Meski memiliki warna  merah, rata-rata rasanya tidak pedas untuk lidah orang Indonesia. Apa saja jajanan yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Tteokbokki

Bagi pecinta drama Korea pasti sudah sangat familiar dengan jajanan satu ini. Tteokbokki ini adalah jajanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan dibentuk bulat kecil memanjang. Kemudian ditumis dengan berbagai tambahan bahan bersama saus gochujang.

Rasa dari tteokbokki ini manis dengan sedikit rasa pedas. Di Korea sendiri tteokbokki  sangat mudah ditemukan di jalanan kota. Karena sangking populernya mulai dari anak kecil hingga orang dewasa juga menyukainya.

2. Kimbab

Gimbap biasanya juga dihidangkan bersama tteokbokki. Rasa kimbab  gurih dicelupkan kedalam saus gochujang  pedas dan manis. Sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia. Gimbap sendiri artinya adalah nasi putih  digulung dengan rumput laut atau nori.

Didalamnya terdapat berbagai macam isian sayur dengan berbagai kombinasi daging. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, ayam maupun ikan tuna.

3. Odeng

Odeng atau dalam Bahasa Inggris disebut fish cake adalah daging ikan yang sudah diolah menjadi selebaran. Kemudian selebaran tipis tersebut ditusuk menggunakan tusukan sate sehingga bentuknya menjadi bergelombang. Biasanya odeng disajikan bersama kuah kaldu yang mendidih.

Baca Juga :   Kota Deltamas Selenggarakan Festival Kebudayaan Jepang-Indonesia

Sehingga sangat cocok dimakan disaat musim dingin. Odeng sendiri memiliki tekstur  empuk dan kenyal. Serta rasa gurih dari kuah kaldu.

4. Kimchi

Sudah ada yang pernah mencoba kimchi? Jajanan satu ini terbuat dari sayur sawi putih dan telah difermentasi. Kimchi ini juga dibuat dengan tambahan saus gochujang dan berbagai bumbu lain seperti jahe.

Setelah dilumuri oleh bumbu kemudian kimchi ditaruh dalam toples bersih dan ditutup rapat untuk proses fermentasi. Proses fermentasi sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari. Rasa dari kimchi sendiri yaitu sedikit asam dan segar.

5. Ramyeon

Sedikit berbeda dengan ramyeon yang ada di Jepang. Ramyeon dari Korea ini biasanya disantap dari wadah panci berwarna kuning. Biasanya ramyeon Korea dibuat dari mie instan namun ditambah dengan berbagai sayuran dan daging.

Sayuran yang banyak digunakan seperti sawi dan kubis, dan daging yang sering digunakan adalah ayam, sapi maupun seafood. Tidak jarang, ramyeon Korea juga ditambahkan kimchi didalamnya.

6. Pajeon

Jika dilihat sekilas, pajeon ini mirip dengan martabak telur yang ada di Indonesia. Namun pajeon atau di Korea sering disebut dengan pancake berbahan dasar tepung terigu, daging cincang dan ditambah dengan telur.

Di beberapa daerah Korea, pajeon juga ditambahkan seafood seperti udang atau cumi. Biasanya disajikan dengan saus yang terbuat dari kecap asin dan jahe.

Dari sini sudah tahu kan kenapa jajanan Korea sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Ternyata jajanannya memiliki karakteristik yang sama yaitu sedikit pedas, manis dan gurih. Tidak heran jika jajanan dari Korea sangat disambut baik di Indonesia.

 

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *