Jalin Kerjasama, Kadisdik Lombok Tengah Bawa Puluhan Kepsek SMP Bertemu Petinggi SMA Taruna Nusantara

Diposting pada

Kunjungan Kadisdik Lombok Tengah ke SMA Taruna Nusantara
Kadis Pendidikan Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halik, M.Pd (kiri) saat mengalungkan selendang kain tenun sasak Lombok sebagai cinderamata kepada Kepala SMA Taruna Nusantara (TN), Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, S.IP di Aula SMA TN, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa, (27/9/2022).

LOMBOK TENGAH | Ingin menjalin kerjasama dengan Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara (SMA TN) di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pendidikan Lombok Tengah secara khusus berkunjung ke SMA TN Magelang, Selasa, (27/9/2022).

Kunjungan ke SMA TN yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halik, M. Pd didampingi Kasi Kurikulum Disdik Lombok Tengah, Syafrudin, S.Pd dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Mus Mulyadi, S.Pd merupakan kegiatan studi pembelajaran MKKS yang pesertanya dari seluruh kepala SMPN/Satap se Lombok Tengah.

Kedatangan, Lalu Idham beserta rombongan MKKS SMP/Satap disambut dan diterima secara khusus oleh Kepala Sekolah SMA TN Magelang, Mayjen TNI (Purn), Tono Suratman, didampingi Wakil Kepala (Wakasek) SMA TN, Mayjen TNI (purn), Nanang DP, Wakasek Pendidikan, Drs Edi Kusnadi dan para pengasuh serta pamong siswa/siswi SMA Taruna Nusantara Magelang di aula SMA TN Magelang.

Dalam kesempatan itu, H. Lalu Idham memaparkan maksud dan tujuan kegiatan Studi Pembelajaran ke SMA TN Magelang.

Selain itu, Lalu Idham juga memaparkan sejumlah program kerja Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri – HM. Nursiah salah satunya program Rahman Rahim Day dan yayasan Yatim Tersenyum yang telah memiliki payung hukum berupa Peraturan Bupati (Perbup), Peraturan Daerah (Perda). “ Kami ingin menjalin kerjasama dengan SMA Taruna Nusantara. Harapannya, Lombok Tengah bisa mengirimkan  siswa-siswi terbaiknya untuk melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara Magelang. Ada Rahman Rahim Day, yang dimana setiap 1 Muharam, pak Bupati mengumpulkan seluruh anak yatim dan dhuafa di Kabupaten Lombok Tengah untuk diberikan santunan. Ada Yayasan Yatim Tersenyum, untuk melayani anak-anak Yatim Dhuafa di bidang Sosial, Pendidikan, Kesehatan dan Keagamaan dalam kerangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, sejahtera, bermutu, maju dan berjaya (Bersatujaya). Kami tidak ingin ada anak Yatim yang putus sekolah atau tidak bersekolah, mudah – mudahan dengan adanya kerjasama anak Yatim yang berprestasi bisa diterima menjadi siswa SMA Taruna Nusantara,” harapnya

Baca Juga :   5 Wisata Religi di Lombok Barat NTB, Ada Makam di Tengah Laut Halaman all

Pihaknya akan segera menyiapkan MOU dengan SMA Taruna Nusantara. “Ini peluang bagi kita. Sebenarnya kita banyak siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Alumni SMA Taruna Nusantara ini punya peluang besar untuk menjadi orang sukses. Kita tidak boleh menyia-nyiakan hal ini. Begitu mereka lulus nanti, mereka akan jadi smart people untuk Lombok Tengah. Separuh lulusan SMA Taruna Nusantara  dijamin bisa masuk perguruan tinggi lewat jalur undangan. Selain itu masing-masing matra (TNI/Polri) juga punya kuota untuk lulusan SMA Taruna Nusantara,” ucap Lalu Idham

“ Untuk itu, kami akan mengundang SMA Taruna Nusantara datang ke Lombok Tengah  untuk menandatangani MoU antara Pemkab Lombok Tengah dengan SMA Taruna Nusantara,” ujar Lalu Idham.

Meski namanya adalah SMA Taruna Nusantara, tak semua lulusannya hanya menjadi anggota TNI/Polri. “Mereka punya peluang yang luas. Alumni kami, ada yang menjadi anggota TNI/Polri, ada yang menjadi dokter, ada di Kementerian Keuangan dan jajarannya, serta bea cukai dan profesi-profesi lainnya,” kata Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Purn), Tono Suratman. 

Di SMA Taruna Nusantara, setiap tahunnya ada  rekrutmen. Calon siswa bisa melakukan semuanya secara online, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan psikologi, tes tulis, hingga wawancara. Hanya tes kesehatan saja yang ditentukan di laboratorium khusus.  Syarat yang diminta, nilai pelajaran. matematika, IPA, Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Jika ada sedikit nilai yang kurang, bisa didukung lewat prestasi lainnya, seperti anggota OSIS atau punya prestasi di bidang lainnya.

Mayjen TNI (Purn), Tono Suratman mengaku merasa bangga didatangi langsung oleh Kadis Pendidikan Lombok Tengah bersama Kepala Sekolah SMP se Lombok Tengah. Pasalnya selama dirinya dipercayakan memimpin SMA Taruna Nusantara, tidak pernah ditemui langsung oleh Kepala Sekolah dalam jumlah banyak. “ Baru pertama kali saya bertemu dan kedatangan banyak kepala sekolah. Biasanya yang datang, jumlahnya sedikit, cuman pengurus OSIS, tapi sekarang ini yang datang banyak kepala sekolah. Ini salah satu tanda keseriusan Pemkab Lombok Tengah memajukan pendidikan,” ujarnya

Baca Juga :   Mengenal Siong Sira, Makanan Khas NTB yang Dimasak dalam Bambu Halaman all

Dalam kesempatan itu, rombongan studi pembelajaran MKKS SMP/Satap Lombok Tengah dipaparkan semua informasi yang berkaitan dengan SMA Taruna Nusantara, termasuk diberikan pemaparan tentang kondisi, posisi gedung sekolah, fasilitas belajar mengajar, hingga kondisi lingkungan SMA Taruna Nusantara yang rindang dan asri.

Di akhir pertemuan, sebagai cinderamata, Kadis Pendidikan Lombok Tengah, H. Lalu Idham Halik mengalungkan Selendang dari kain tenun khas Sasak Lombok kepada Kepala SMA Taruna Nusantara, Mayjen TNI (Purn), Tono Suratman. “ Kain tenun sasak Lombok seperti ini, sama seperti yang pernah digunakan pak Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengenakan pakaian adat Sasak Lombok,” ucap Lalu Idham sembari mengalungkan kain tenun sasak Lombok kepada Mayjen TNI (Purn), Tono Suratman. [slnews – rul]

Artikel ini bersumber dari : www.suaralomboknews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *