Jalur Arung Jeram Gantung Langit Dibersihkan – LINTAS GAYO

TAKENGON-LintasGAYO.co : Operator wisata arung jeram di Takengon Kabupaten Aceh Tengah yang dikenal luas dengan nama Arung Jeram Lukup Badak kembali akan membuka jalur Sagi Indah-Gantung Langit Kecamatan Silihnara.

Jalur di sungai Peusangan ini, dijelaskan manajer operator yang beroperasi sejak 2017 ini, Irham Rahmadi, sudah dibuka beberapa tahun silam, namun karena kekurangan SDM akhirnya ditutup untuk sementara.

“Level atau tingkat kesulitan di jalur sepanjang 2,5 kilometer ini lebih tinggi hingga level 3+, diperlukan kesiapan maksimal dari personil, terutama pemandu, rescuer, driver, juga dari sisi jumlahnya harus maksimal,” jelas Irham.

Diungkapkan, beberapa pekan ini pihaknya secara kontinyu melakukan persiapan-persiapan terutama keamanan di sungai.

“Bebatuan ada yang digeser, kayu tumbang serta semak belukar yang membahayakan telah kami dibersihkan,” kata Irham.

Lalu kapan mulai dibuka untuk wisawatan? Irham menarget di awal Oktober 2022.

“Saat ini kami masih melakukan simulasi-simulasi untuk personil, mempelajari jalur, menentukan titik rescue sesuai TMA (Tinggi Muka Air),” ungkap kapten tim arung jeram untuk Pekan Olahraga Aceh (PORA) Aceh Tengah ini.

Gantung Langit, merupakan nama salah satu tempat di Kecamatan Silihnara, sekira 15 Km dari Takengon atau sekitar 7 Km dari jembatan Lukup Badak.

Seperti diketahui, operator arung jeram Lukup Badak merupakan nama lain dari Gayo Adventure merupakan unit usaha dari Koperasi Wisata Alam Gayo.

Wisata ini telah menjadi salahsatu atraksi wisata andalan di Kabupaten penghasil kopi Arabika Gayo dengan beberapa paket pilihan yakni Family Trip (level 1-1+) dan paket Semi Ekstrim (level 1-3).

Jalur 2 paket ini dibuka setelah dilakukan pembenahan atau normalisasi sungai termasuk perbaikan jembatan dan telah menelan biaya ratusan juta secara swadaya dari Koperasi tersebut.

Lain itu, juga secara rutin dilakukan pembersihan sampah, baik plastik juga kerap ditemukan bangkai berbagai jenis hewan.

[Ril]

 

Comments

comments


Artikel ini bersumber dari : lintasgayo.co.

Tinggalkan komentar