Jalur Wisata Senggigi Ditutup saat Kejuaraan Dunia Ironman

Diposting pada

Mataram, IDN Times – Polda NTB akan menutup ruas jalan jalur wisata Senggigi, Lombok Barat, NTB, saat perhelatan kejuaraan dunia Triathlon Ironman 70.3 Lombok pada 8 Oktober mendatang. Masyarakat yang akan menuju Lombok Barat atau Kota Mataram, akan dialihkan menuju jalur Pusuk.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo mengatakan penutupan ruas jalan menuju jalur wisata Senggigi akan dilakukan mulai pukul 06.00 – 14.00 Wita.

“Perbatasan Kabupaten Lombok Utara menuju Senggigi itu kita tutup dengan harapan supaya masyarakat tidak masuk ke area Senggigi. Sementara kita arahkan ke jalur Pusuk pada saat perhelatan Ironman Lombok,” terang Djoni dikonfirmasi di Mataram, Selasa (4/10/2022).

1. Terjunkan 400 personel amankan kejuaraan dunia Ironman Lombok

Jalur Wisata Senggigi Ditutup saat Kejuaraan Dunia Ironman Lombok Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo (Dok. Polda NTB)

Djoni menyebutkan 400 personel akan diterjunkan untuk mengamankan event internasional tersebut. Pengamanan akan ditangani masing-masing Polres jajaran mulai dari Lombok Barat, Kota Mataram dan Lombok Tengah.

Anggota kepolisian yang melaksanakan operasi zebra Rinjani 2022 juga akan dilibatkan. Kemudian dibantu aparat kepolisian dari Polda NTB.

Baca Juga: Anggaran BLT BBM NTB Sudah Ada, Penerimanya pada Kemana?

2. Diikuti 415 atlet dari 33 Negara

Jalur Wisata Senggigi Ditutup saat Kejuaraan Dunia Ironman Lombok Nethafani Octaria berhasil menjadi juara pertama nasional Indonesia Triathlon Series (ITS) 2020 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Disebutkan, event Triathlon Ironman 70.3 Lombok akan diikuti 415 atlet dari 33 Negara. Para atlet akan mengikuti lomba renang sepanjang 1,9 km. Kemudian lari sepanjang 21 km dan bersepeda 91 km.

Baca Juga :   Tempat Wisata di NTB, Pesona 12 Objek yang Wajib Dikunjungi

Peserta akan bersepeda dengan start di depan Hotel Holiday Resort, Senggigi, Lombok Barat sampai persimpangan Batujai Lombok Tengah. Para peserta akan melewati Jembatan Meninting dan masuk ke wilayah Kota Mataram menuju Jalan Lingkar Selatan dan masuk ke bypass BIL sampai Batujai.

3. Kendaraan berat diminta tak melintas saat gelaran Ironman Lombok

Jalur Wisata Senggigi Ditutup saat Kejuaraan Dunia Ironman Lombok Ilustrasi truk ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Djoni menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) NTB untuk membuat imbauan agar kendaraan berat tidak melintas sementara saat gelaran Ironman Lombok. Terutama di Bundaran Jempong Kota Mataram dan Bundaran Giri Menang Square (GMS).

“Terutama jam-jam pada saat kegiatan Ironman, terlebih titik krusialnya di Bundaran Jempong dan Bundaran GMS, banyak kendaraan dari Pelabuhan Lembar,” kata Djoni.

Dari tiga lomba dalam event Ironman Lombok, hanya lomba sepeda yang melewati tiga kabupaten yaitu Lombok Barat, Kota Mataram dan Lombok Tengah Sedangkan lomba renang dan lari di kawasan wisata Senggigi.

Baca Juga: Aremania dan Bonek Lombok Kompak Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan 


Artikel ini bersumber dari : ntb.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *