Jambore Nasional XI/2022, Lombok Barat Kirim 18 Pramuka Terbaik

Diposting pada



Giri Menang, Grafikanews.com – Bupati Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid melepas Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Lombok Barat mengirimkan 18 anggota hasil seleksi pada bulan Mei (27/5) lalu di Kawasan Lembah Madani Kecamatan Narmada ke Jambore Nasional XI/2022 berlangsung di Aula Lesehan Taliwang Nada, Mataram, Rabu (10/8).


Hasil seleksi tersebut sebanyak 16 peserta  terdiri dari 8 putra dan 8 putri dan 2 pendamping mengikuti Jambore Nasional yang dilaksanakan mulai 14-21 Agustus di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.



Jamnas rencana akan diisi dengan berbagai kegiatan menarik, menantang, aman dan menyenangkan dengan tujuan untuk membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian.


Bupati H. Fauzan Khalid saat memberikan arahan kepada peserta Jamnas menyampaikan mengambil organisasi pramuka adalah terbaik dan sudah tepat karena di Pramuka itu melatih kemandirian, kedisiplinan dan melatih patriotisme terhadap bangsa dan negara.


Selain itu, sebut Fauzan, pada hymne Pramuka sudah jelas menyebutkan kalau Pramuka itu siap menjadi pandu untuk negara dan bangsa. Pandu itu sambungnya, adalah petunjuk jalan menuju kebaikan, jalan kekuatan dan jalan yang bermanfaat untuk peserta Jamnas maupun untuk bangsa dan negara.



Peserta Jamnas nantinya, diharapkan Fauzan, memberikan yang terbaik dalam keseluruhan kegiatan jambore yang berlangsung di Cibubur.

“Berikan yang terbaik pada konteks keterampilan, berikan yang terbaik akan realisasi nilai nilai keperamukaan,” imbaunya. 

“Saya memiliki keyakinan adik-adik mampu untuk itu, dan mudah-mudahan semua diberikan kesehatan, kelancaran dan dapat memberikan pengalaman yang terbaik,” ucap mantan ketua KPU NTB itu.

Sementara, Ketua Kwarcab Pramuka Lombok Barat H. Hendrayadi menyebutkan Jambore Nasional ini sudah ditentukan oleh pusat dan untuk Kabupaten Lombok Barat sendiri mendapat jatah 18 orang termasuk pendamping. Keterwakilan Kecamatan di Lombok Barat sudah ada kecuali Kuripan dan semua akan diberangkatkan pada hari Jum’at (12/8).

Baca Juga :   Nyongkolan, Tradisi Mengarak Pengantin Diiringi Gendang

Selain Lombok Barat ada juga delapan kabupaten/kota di NTB akan dilepas oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah di Gedung Praja Kantor Gubernur NTB.

Untuk itu semua peserta Jambore Nasional asal Lombok Barat nantinya mendapat wawasan kebangsaan semakin luas, nasionalis dan patriotismenya semakin kuat menuju Indonesia hebat, kata Mantan Kadis Pendidikan Lombok Barat itu. (Red)

Artikel ini bersumber dari : www.grafikanews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *