Jangkau Pelanggan BUMN, Omzet Pelaku UMKM Meningkat di PaDi UMKM Hybrid Expo 2022

Diposting pada

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG  – Bekerja sama dengan Kementerian BUMN, PaDi UMKM sebagai produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas lewat perhelatan PaDi UMKM Hybrid Expo 2022, di Sarinah, Jakarta, 28 September-2 Oktober 2022.

Kristi, UMKM dari CV Makmur Dafa Mandiri Kediri yang bergerak di bidang industri kreatif pengadaan alat tulis kantor, percetakan, souvenir, dan mebeler.

Sejak bergabung PaDi UMKM, Kristi mengatakan di tengah pandemi Covid-19 usahanya dapat terus berjalan.

Baca juga: Dorong Pemulihan Ekonomi, Kementerian BUMN Gelar PaDi UMKM Hybrid Expo 2022

“Dari saya hanya punya pegawai 5 orang, sekarang Alhamdulillah ada 40 pegawai. Berkat PaDi UMKM, dari yang tidak bisa menjadi bisa. Saya bisa mengirimkan barang ke kantor-kantor BUMN di seluruh Indonesia, dari yang sebelumnya hanya di daerah Kediri saja,” kata Kristi, di lokasi acara, akhir pekan lalu.

Lies dari CV Rajasa, salah satu pelaku UMKM yang hadir di acara ini mengaku usaha batik yang dijajakannya sangat terbantu PaDi UMKM Expo.

Ia sudah menjadi bagian dari perhelatan ini sejak tiga tahun lalu di awal pandemi Covid-19.

tengah kesulitan dari perekonomian nasional yang terjun bebas, Lies mengaku tetap mendapatkan omzet cukup besar.

“Saat itu PaDi UMKM Expo adalah pameran online pertama yang saya ikuti. Dari situ saya bisa mendapatkan omzet yang lumayan cukup besar,” ungkap Lies. 

UMKM merupakan fondasi yang menopang perekonomian nasional. Data Kementerian BUMN menunjukkan, UMKM memiliki peran yang besar karena telah memberikan kontribusi sekitar 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan melebarkan hingga 97 % lapangan pekerjaan baru di Indonesia.

PaDi UMKM Hybrid Expo 2022
PaDi UMKM Hybrid Expo 2022 (istimewa)

Lies melanjutkan, dirinya memulai usaha batiknya sejak tahun 2007. Setelah bergabung PaDi UMKM, Lies mengaku banyak perubahan lebih baik yang ia rasakan terhadap usahanya.

Baca Juga :   Kemeriahan HUT ke-60 Smansa Kendari: Jalan Santai, Reuni Alumni, hingga Penampilan Vokalis Ada Band


Artikel ini bersumber dari : jabar.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *