Jelang WSBK 2022, Maskapai Ramai Buka Direct Flight ke NTB

Diposting pada

Mataram, IDN Times – Sejumlah maskapai penerbangan diketahui sudah mulai membuka penerbangan langsung atau direct flight ke Bandara Internasional Lombok jelang balapan World Superbike (WSBK). Balapan motor bergengsi ini memang akan digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11-13 November 2022 mendatang. 

Contohnya dua perusahaan penerbangan, yakni Maskapai Scoot membuka penerbangan rute Singapura-Lombok PP dua kali seminggu pada 16 Oktober 2022. Disusul, Super Air Jet membuka penerbangan Yogyakarta-Lombok PP setiap hari pada 28 Oktober 2022. 

1. Hubungkan dua destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia

Jelang WSBK 2022, Maskapai Ramai Buka Direct Flight ke Lombok Kru maskapai Super Air Jet. (superairjet.com)

Soal pembukaan penerbangan langsung ini, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi menilai, dampaknya positif bagi industri pariwisata setempat. Terlebih lagi, adanya konektifitas di antara dua destinasi wisata super prioritas di Indonesia, yakni Borobudur di Jawa Tengah dan Sirkuit Pertamina Mandalika di NTB. 

“Yogya merupakan salah satu destinasi super prioritas di Indonesia. Dan banyak juga penerbangan internasional ke Yogya. Sehingga pembukaan direct flight Yogya-Lombok PP tentunya akan berdampak positif terhadap kunjungan pelancong ke NTB,” katanya, Minggu (9/10/2022).

Yusron mengatakan, pembukaan rute ini tentunya lebih memudahkan masyarakat dan wisatawan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di NTB. Dengan pembukaan penerbangan langsung itu, wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta memperoleh pilihan kemudahan akses transportasi menuju NTB. 

Baca Juga: 2 Atlet Indonesia Tercepat di Kejuaraan Dunia Ironman Lombok  

2. Event sport tourism jadi daya tarik

Jelang WSBK 2022, Maskapai Ramai Buka Direct Flight ke Lombok Event sport tourism kejuaraan dunia Ironman 70.3 Lombok, Sabtu (8/10/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Begitu pun penebangan langsung rute Singapura-Lombok, menurut Yusron, berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata ke NTB. Seperti diketahui, Singapura menjadi salah satu destinasi pariwisata internasional yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Baca Juga :   FOTO Oleh-oleh atau Jajanan Khas Desa Mohong Sawang Kabupaten Sangihe

Maskapai Scoot, anak perusahaan Singapore Airlines akan membuka penerbangan dua kali dalam seminggu, Hari Minggu dan Rabu. Scoot nomor penerbangan TR-258 berangkat dari Singapura (SIN) pukul 07.50 waktu setempat dan tiba di Lombok (LOP) pukul 10.20 Wita.

Sedangkan Scoot nomor penerbangan TR-259 berangkat dari Lombok (LOP) pukul 11.20 WITA dan dijadwalkan tiba di Singapura (SIN) pukul 14.05 waktu setempat.

“Mudah-mudahan rute lainnya juga segera buka seperti sebelum COVID-19. Karena daerah kita sedang menemukan momentum dengan perhelatan event sport tourism dan lainnya. Ini menjadi daya tarik orang berkunjung,” kata Yusron.

3. Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Lombok capai 1,44 juta

Jelang WSBK 2022, Maskapai Ramai Buka Direct Flight ke Lombok Bandara Internasional Lombok Layani 71.800 Penumpang Selama Gelaran MotoGP Mandalika (dok. Angkasa Pura I)

Sementara itu, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok melaporkan pergerakan jumlah penumpang mencapai 1,4 juta dan 15.166 pesawat periode Januari hingga September 2022 lalu. 

Artinya, terjadi pertumbuhan sebesar 103 persen (penumpang) dan 74 persen (pesawat) dibandingkan tahun 2021 lalu. Waktu itu, Bandara Lombok hanya melayani 706 ribu pergerakan penumpang dan 8.711 pergerakan pesawat udara.

“Pertumbuhan angka pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat udara di Bandara Lombok pada tahun ini menunjukkan bahwa industri aviasi kita mulai beranjak pulih setelah sebelumnya diterpa pandemik,” kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Rahmat optimis, dalam tiga bulan ke depan pertumbuhan penumpang akan semakin positif. Apalagi Lombok akan menjadi tuan rumah pelbagai event internasional, seperti triathlon Ironman 70.3, kompetisi Shell Eco Marathon, WSBK 2022, dan liburan Natal Tahun Baru. 

Sebagai catatan, penumpang Bandara Lombok melonjak tinggi saat balapan MotoGP Mandalika 2022 lalu di mana terdapat 199.591 penumpang dan 2.116 pesawat. Rata-rata dalam sehari ada 6.400 penumpang dan 68 pesawat. 

Baca Juga :   Tarif Terbaru Kapal Ferry Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk dan Merak-Bakauheni Halaman all

Baca Juga: Penerbangan Langsung Rute Lombok – Singapura Dibuka 16 Oktober 2022 


Artikel ini bersumber dari : ntb.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *