Kadisbudparpora Sebut Bangka Tengah Berikan Support Maksimal untuk Desa Wisata Perlang

Diposting pada

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Bangka Tengah, Zainal mengakui bahwa pemkab telah memberikan support semaksimal mungkin dalam pembangunan Desa Wisata Perlang.

Desa Wisata Perlang akhir-akhir ini menjadi cukup populer usai salah satu destinasi yang ada disana, yakni Danau Pading menjadi ramai dikunjungi wisatawan.

Bahkan, Danau Pading telah menjadi tempat diselenggarakan berbagi event penting seperti tujuan wisata peserta Kongres Halal Internasional dan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno bersamaan dengan penilaian 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Sebelumnya, Ketua Pokdarwis Linau Mentari Desa Wisata Perlang, Gunawan mengungkapkan bahwa sejauh ini pihaknya telah mendapatkan dukungan maksimal dari Pemkab Bangka Tengah.

“Alhamdulillah kalau dari Pemkab Bangka Tengah sejauh ini sudah cukup maksimal,” ucap Gunawan, Selasa (23/8/2022).

Namun, dirinya juga turut meminta Provinsi Babel agar ikut andil lebih dalam karena masuknya Desa Wisata Perlang dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 membawa nama Provinsi Bangka Belitung.

“Beberapa kali, pengelola wisata di Desa Perlang ini memang sudah pernah mendapatkan pelatihan-pelatihan dari pemprov. Tapi kami juga ingin ke depannya agar ada dukungan-dukungan lainnya, termasuk bantuan sarana dan prasarana pendukung seperti mushola dan toilet untuk pengunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Bangka Tengah, Zainal mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus memberikan support maksimal terhadap pembangunan Desa Wisata Perlang, termasuk destinasi wisata Danau Pading.

“Jadi kalau dibilang tidak ada dukungan, itu kurang tepat. Karena sejauh ini kami dari Pemkab selalu mendukung,” kata Zainal.

Diakuinya, sejak tahun lalu pihaknya telah memberikan dukungan terhadap pengelolaan wisata di Desa Perlang. Misalnya dengan memberikan bantuan hibah perahu wisata di Danau Pading dan melibatkan para Pokdarwis untuk mengikuti sejumlah pelatihan.

Baca Juga :   Transjakarta Dapat Rp62,5 Miliar, DKI Gelontorkan Subsidi BBM Kapal ke Kepulauan Seribu Rp4,8 Miliar

Selain itu, di tahun ini, pihaknya juga akan menambah perahu wisata, membangun tempat parkir yang representatif dan gazebo tempat bersantai berikut dengan pelatihan-pelatihan untuk pengelola wisatanya.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)


Artikel ini bersumber dari : bangka.tribunnews.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *