Kamu Sudah Tahu? Ini 4 Mie Otentik dari Indonesia yang Enak dan Jadi Favorit!

Diposting pada

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan antar daerah. Dari Sabang sampai Merauke, mereka mempunyai budaya masing-masing. Salah satu bentuk budaya yang bisa dirasakan langsung adalah kulinernya. Salah satu kuliner yang paling banyak digandrungi orang Indonesia adalah olahan mie.

Berbicara soal mie, tentu setiap daerah mempunyai cita rasanya sendiri. Ada yang cenderung manis, berkuah kental, berbau pekat, hingga yang berwarna hitam.

Sebagai pecinta mie, Beauties wajib tahu dong jenis olahan mie asli Indonesia apa saja. Daripada penasaran, berikut daftar olahan mie otentik dari Indonesia enak, jadi favorit, dan wajib kamu coba. Simak yuk!

1. Mie Aceh




mie otentik ini berasal dari pulau sumatera, tepatnya banda aceh
mie aceh/foto: pinterest.com/What To Cook Today

Sesuai namanya, mie ini berasal dari provinsi paling utara di Pulau Sumatra, yakni Aceh. Menu olahan mie satu ini kaya akan rempah sehingga rasanya cenderung wangi rempah dan pedas.

Mie Aceh disajikan dengan cara di goreng atau diberi kuah. Adapun isiannya berupa mie kuning, daging sapi atau domba, atau bahkan seafood, dan sayuran segar. Agar tambah nikmat, biasanya disediakan acar dan kerupuk juga dalam piring.

2. Mie Ongklok




ngga lengkap rasanya kalau ke wonosobo tanpa makan mie satu ini
mie ongklok/foto: pinterest.com/widya

Mie Ongklok adalah makanan khas dari Wonosobo Jawa Tengah yang sangat jarang ditemui di luar daerah tersebut. Olahan mie ongklok terbuat dari mie telur, kol, dan kuah khasnya yaitu kuah kental seperti jenang.

Kuahnya sendiri terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah, udang, dan bumbu dapur lainnya sehingga menghasilkan rasa kuah yang gurih dan pekat. Toppingnya adalah taburan bawang goreng dan irisan cabe. Agar lebih lengkap, sajian mie ongklok biasanya disantap dengan tempe kemul maupun sate ayam.

Baca Juga :   FORDASI Menuju Persatuan dan Kesejahteraan Bangsa

3. Mie Jawa




bagi pecinta mie gurih manis, wajib banget cobain mie jawa satu ini
mie jawa/foto: pinterest.com/cookpad

Mie Jawa adalah menu olahan mie populer di pulau Jawa. Mie ini berasal dari Yogyakarta. Ada tiga cara penyajian mie jawa yaitu dengan direbus, digoreng, dan benyek.

Mie Jawa cenderung manis yang dilengkapi dengan kol, ayam, dan tomat. Biar semakin lengkap, tambahan daun bawang dan acar pada menu olahan miemu, Beauties!

4. Mie Kocok Bandung




10 Resep Mie Tradisional Sedap, Mie Aceh hingga Mie Kocok BandungMie kocok Bandung/ Foto: detikfood/iStock

Jika diterjemahkan per kata, memang benar adanya mie ini dikocok terlebih dahulu dalam saringan sebelum dimasukkan ke dalam sup. Mie kocok merupakan mie khas Bandung.

Mie ini merupakan mie penenang alias aromatik hasil olahan daging sapi, jeroan sapi, bakso, toge, dan mie kuning pipih. Akan semakin nikmat jika disajikan dalam keadaan panas yang ditaburi bawang merah goreng, sambal pedas, dan kecap asin.

Itulah daftar 4 mie otentik dari Indonesia. Bikin ngiler semua ya, Beauties? Kamu pernah coba yang mana nih?

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Artikel ini bersumber dari : www.beautynesia.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *