Kemenkumham Papua Dukung Pentas Kuliner Swamining Swotpun Swotkulgan Lembah Grime Nawa – #Lelemuku | Lelemuku.com – Cerdaskan Anak Negeri | Portal Berita yang Informatif dan Objektif

Diposting pada

Kemenkumham Papua Dukung Pentas Kuliner Swamining Swotpun Swotkulgan Lembah Grime Nawa

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Anthonius M Ayorbaba di dampingi  Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kadiv yankum) Muhammad Mufid turut menghadiri acara pembukaan kegiatan Pentas Kuliner  Swamining, Swotpun Swotkulgan Lembah Grime Nawa
yang digelar di Tempat Wisata Kalibiru kampung berab distrik Nimboran Kabupaten jayapura yang di buka secara langsung para ondofolo dan di saksikan oleh Bupati Kabupaten Jayapura Matius Awaitouw. Sabtu, (24/09/2022).

Papua terkenal dengan budaya dan berbagai corak aneka serta beragam kuliner, seperti halnya dengan masyarakat yang mendiami lembah dipinggiran aliran kali Grime Kabupaten Jayapura yang dikenal dengan masyarakat lembah Grime atau yang disebut masyarakat Genyem.  

Berbicara kuliner makanan, memang masyarakat grime sangat kaya dengan berbagai jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang menjadi andalan masyarakat tersebut. Karena terdapat beberapa jenis sayuran yang langka dan tidak ada didaerah lain seperti sayur gedi dan sayur lilin.

Sala satu manfaat ajang iven pentas kuliner swamening ini yaitu untuk memperkenalkan kepada semua lapisan masyarakat Indonesia dan dunia akan makanan khas tersebut, selain itu juga masyarakat berkomitmen untuk swamening bisa merebut pasar dengan cara mendistribusikan makanan khas tersebut ke toko dan supermarket agar swamening dapat dikonsumsi oleh semua masyarakat luas.

Perlu diketahui bahwa makanan khas swamening ini merupakan makan khas kearifan lokal budaya yang harus dijunjung tinggi dan dilestarikan, karena hal ini merupakan kekayan hak intelektual khas masyarakat lembah grime nawa atau yang biasa disebut wilayah Genyem.

Bupati kabupaten Jayapura Matius Awaitou w saat memberikan sambutan pada pembukaan mengatakan dengan kegiatan ini bukan hanya kuliner saja tetapi kita sekali gus mengkampanyekan kekayaan alam serta keindahan alam yang ada di lembah Grime Nawa ini ” ucapnya

Baca Juga :   Motif Citak Asmat di Uang Rp10.000, Bupati Elisa: Kami Merasa Dihormati

Bupati Kabupaten Jayapura Matius Awaitouw berharab masyarakat dapat berkomitmen dan bekerja keras untuk melindungi kekayaan alam demi generasi muda kita yang akan datang.

dengan begitu Kita masyarakat kampung tidak berharab kepada kota untuk datang mensejahtrakan kampung tetapi kampung lah yang akan mensejahtrakan masyarakatnya sendiri dengan kekayaan dan keindahan alam yang ada  dengan menjamin masyarakat hidup di kampung dengan waktu yang lama kedepan untuk itu dengan hak hak Ulayat adat yang ada para ondofolo dapat mengaturnya dengan masyarakat kampung dengan baik sehingga tidak terjadi kesalah pahaman di anak cucu kita kedepan nantinya.” Pungkas Matius Awaitouw

Even pentas festival kuliner ini bertujuan untuk mengajak dan mengundang semua masyarakat yang ada di seluruh tanah papua  bahkan daerah-daerah lain diseluruh Indonesia untuk datang dan menikmati salah satu kuliner makanan khas papua yang berasal dari wilayah Grime atau Genyem Kabupaten Jayapura ini. (humaskemenkumhampapua)

Artikel ini bersumber dari : www.lelemuku.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *