Kenduri Riau 2022, Pesta Rakyat Rayakan Seni – The Phrase

Diposting pada

ThePhrase.id – Kenduri Riau merupakan event seni budaya garapan Dinas Pariwisata Provinsi Riau yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Indonesia Creative Cities Network (ICCN). Kenduri Riau tahun ini diadakan pada 29 September hingga 2 Oktober 2022.

Kenduri Riau 2022 digelar di Kompleks Bandar Serai Purna MTQ, Pekanbaru, Riau dengan berbagai rangkaian acara yang seru terutama bagi yang tertarik dengan budaya, seni dan tradisi.

Bandar Serai Purna MTQ merupakan salah satu pusat kesenian Riau yang bentuknya megah mirip istana. Gedung tersebut memiliki nama Gedung Kesenian Anjungan Idrus Tintin. Meskipun bentuknya seperti istana, gedung ini memiliki arsitektur bergaya Melayu modern. Tak hanya itu gedung itu juga disebut-sebut sebagai salah satu wonder building Kota Pekanbaru.

Ragam pertunjukan. (Foto: dok. kemenparekraf)

Bagi penikmat seni, acara ini dapat menjadi tujuan wisata karena banyak penampilan dan pameran karya seni hasil kreasi seniman, sanggar dan komunitas Riau yang beragam mulai dari tampilan tradisional dan modern. Penampilan seni tersebut termasuk musik, tari hingga grafiti.

Uniknya lagi bagi yang mencari inspirasi dan ingin menambah relasi dengan yang memiliki hobi sama, Kenduri Riau akan mengadakan sesi gathering komunitas selama festival berlangsung. Selain itu, pengunjung juga dapat menambah wawasan tentang seni dan budaya dengan mengikuti talkshow kreatif.

Kenduri Riau 2022
Ragam pertunjukan Kenduri Riau tahun seblumnya. (Foto: dok. kemenparekraf)

Kenduri Riau 2022 juga bertujuan untuk membangkitkan dan terus mendukung UMKM lokal melalui Fun Market-nya. Di sana akan hadir berbagai macam produk UMKM mulai dari fesyen, berbagai produk kriya dan tentunya beragam kuliner khas.

Pengunjung juga dapat terlibat secara langsung dengan mengikuti berbagai perlombaan yang digelar oleh festival tersebut. Salah satunya adalah lomba tari kreasi dengan tema Pesona Wisata Riau yang merupakan lomba kreatif membuat gerakan tari baru berdasarkan tari tradisi atau budaya tradisi.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Jauh Aquamorphic Design di ColorOS 13 OPPO Terbaru

Ada juga lomba Kompang Atraksi, lomba fotografi dan videografi, mural hingga Lomba Nasyid Riau. Pesta rakyat ini diharapkan bisa terus mendorong inovasi dan kreatifitas masyarakat lokal. [Syifaa]

Artikel ini bersumber dari : thephrase.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *