Kerajinan Khas Purwokerto yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh, Jangan Sampai Terlewat! : Okezone Travel

Diposting pada

PURWOKERTO merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berkunjung ke kota ini, jangan lupa membawa oleh-oleh kerajinan khasnya.

Berikut beberapa kerajinan khas Purwokerto dirangkum Okezone:

1. Kaos

Kaos menjadi salah satu souvenir yang wajib ada disetiap kota dan tempat wisata. Biasanya kaos ini terbuat dari bahan catton combad dengan sablonan yang berciri khas kota atau wisata. Purwokerto juga memiliki kaos khasnya sendiri. Anda dapat menemukannya di toko souvenir daerah wisata dan juga toko oleh-oleh.

infografis

2. Sandal Bandol

Kerajinan yang satu ini memanfaatkan limbah ban bekas. Sandal bondol merupakan singkatan dari sandal ban bodol yang artinya ban rusak atau bekas. Pusat kerajinan ini ada di Grumbul Banaran, Pasir Kidul, Purwokerto Barat. Meskipun terbuat dari limbah, namun produk ini sudah terjamin kualitasnya.


3. Kerajinan Batok Kelapa

Usaha kerajinan ini tersebar di wilayah Purwokerto, Banyumas, hingga Cilacap. Produk-produk yang dihasilkan berupa mangkuk, gelas, asbak, dan lain-lain. Anda dapat menemukan kerajinan ini di toko oleh-oleh.

4. Batik

Batik tulis ini sebenarnya berasal dari Cilacap, namun anda juga dapat menemukannya di Purwokerto. Batik tulis Cilacap memiliki karakter motif yang unik yaitu motif nusakambangan, wijayakusuma, dan ngasem yang tentunya memiliki filosofi tersendiri.


Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

Baca Juga :   Jamu Coro Penghilang Masuk Angin, Jamu Jun Sudah Generasi Keempat
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *