Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadi Oleh-Oleh

Diposting pada

Lombok Barat, IDN Times – Lombok adalah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau ini bak permata bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Hampir setiap sudut Pulau Lombok memiliki keindahan alam yang begitu memesona, sehingga anda bisa mengunjunginya dengan menyewa mobil di Lombok.

Namun tentu saja dong, berkunjung ke pulau ini tidak akan lengkap tanpa membeli oleh-oleh alias suvenir khas Lombok kan. Sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa kamu beli untuk orang tersayang di rumah, salah satunya adalah oleh-oleh buatan tangan.

Berikut adalah kerajinan khas Lombok guys.Check it out

1. Kain tenun songket

6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-OlehPengrajin kain songket Fikri Koleksi. Dok: Pertamina

Jogja terkenal dengan batik kayunya yang unik, Lombok terkenal dengan kain tenunnya yang juga ciamik. Lombok merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang dilestarikan oleh masyarakat Lombok secara turun temurun.

Perempuan sering dilatih pada usia dini dan warga telah menenun kain sejak dahulu kala. Kain khas Lombok adalah tenun songket. Ini adalah kain tenunan tangan, sehingga memiliki nilai tersendiri. Tenun buatan tangan atau tradisional terdiri dari benang yang dirangkai dalam dua arah, memanjang dan melintang.

Songket sendiri berarti mengangkat. Dinamakan demikian karena cara menenun dilakukan dengan mengangkat sebagian kain lusi sehingga membentuk lubang. Rongga-rongga ini kemudian akan dijalin dengan benang khusus beberapa kali sesuai pola yang akan dibentuk.

Corak yang ditampilkan pada tenun songket ini merupakan corak khas yang berasal dari Pulau Lombok. Biasanya, kain songket yang sudah jadi memiliki pola timbul dan dalam pada permukaan kainnya. Jika dilihat, sangat indah dan elegan. Proses pembuatan kain songket juga memakan waktu yang lama karena polanya yang cukup rumit.

2. Kain tenun rangrang

6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-OlehWakil Gubernur NTT Josef Nae Soi (kiri) saat mencoba berbelanja kain tenun NTT secara daring dalam kegiatan Festival Exotic Tenun NTT 2021 di Kupang, NTT, Senin (22/3/2021).ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Selain songket, kain tenun khas Lombok lainnya adalah tenun baris. Sama seperti kain tenun songket, kain tenun massal menggunakan metode tenun tradisional untuk membuatnya. Sementara kain tenun songket memiliki pola yang beragam, kain tenun baris memiliki pola zigzag dan bergelombang.

Baca Juga :   Kodim 1612 Manggarai dan Komunitas Teras 99 Ruteng Gelar Food Festival

Pola ini juga diterapkan dari Pulau Nusa Penida Bali. Namun pola kain ini telah berasimilasi sehingga menjadi pola khas Lombok. Arti kata rangrang adalah hole atau lubang. Dinamakan demikian karena ada banyak lubang yang terlihat dengan setiap warna yang ditemui dalam pola kain ini.

Hal ini dikarenakan kain tenun baris menggunakan lebih sedikit benang dibandingkan kain tenun songket. Kain ini sering dijual dalam bentuk lembaran yang bisa langsung digunakan sebagai selendang.

Baca Juga: Fakta dan Sejarah Terbentuknya Kabupaten Lombok Timur di Provinsi NTB

3. Mutiara Lombok

6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-Olehilustrasi berbagai bentuk mutiara (unsplash.com/alexeydemidov)

Mutiara adalah batu permata yang lahir dari hewan laut, khususnya tiram. Di Lombok, banyak perajin mutiara yang menjual produk olahannya. Mutiara Lombok murni merupakan mutiara yang mampu bersaing dengan mutiara dari luar negeri.

Bukan itu saja, mutiara di Lombok termasuk ke dalam jajaran mutiara Laut Selatan yang bisa dikatakan mutiara terbaik di dunia, karena kepopulerannya, banyak orang yang ingin membeli mutiara tersebut.

Mereka yang tertarik juga dapat melihat bagaimana mutiara ditanam dan bagaimana mutiara diubah menjadi produk jadi. Produk mutiara Lombok sering datang dalam bentuk gelang, kalung, cincin atau bros. Produk ini sangat cocok untuk anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang di kampung halaman.

4. Kerajinan gerabah

6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-OlehIlustrasi pengrajin gerabah (IDN Times/Daruwaskita)

Setelah teknik kerajinan kain dan manik-manik, kita beralih ke kerajinan gerabah. Kerajinan satu tangan ini sangat cocok untuk membuat dekorasi rumah anda lebih memesona.

Tembikar adalah kerajinan yang terbuat dari tanah liat yang dibuat menjadi berbagai produk. Untuk melakukan ini, anda membutuhkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi. Selain itu, pengalaman yang didapat akan menentukan bagus tidak hasil pembuatan gerabah.

Di Pulau Lombok sendiri terdapat daerah produksi gerabah yaitu di Desa Banyumulek Lombok Barat. Keramik yang diproduksi di sini kualitasnya cukup baik. Karena kualitasnya, keramik ini dapat bersaing di pasar luar negeri. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak peminat grosir gerabah di Desa Banyumulek ini.

Baca Juga :   5 Rumah Adat Nusa Tenggara Barat, Bukti kekayaan Budaya Nusantara Halaman all

Produk keramik ini hadir dalam bentuk vas, vas bunga, keramik dekoratif, furnitur dan lainnya. Dengan keindahan dan bentuknya yang unik, barang keramik ini bisa Anda bawa pulang sebagai penghias rumah anda.

5. Kerajinan jongkok rungkang cukli

6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-OlehIlustrasi kerajinan tangan asal Indonesia

Tahukah kamu apa itu cukli? Mungkin sebagian orang belum familier dengan jenis girboks yang satu ini. Cukli adalah sejenis kerajinan tangan yang terbuat dari kulit kerang dan dibuat menjadi berbagai produk seperti meja, kursi, hiasan dinding dan lain-lain.

Sedangkan Rungkang Raya merupakan daerah yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, membuat kerajinan ini membutuhkan banyak ketekunan dan ketekunan. Oleh karena itu, implementasi suatu produk bisa memakan waktu lama. Namun, hasilnya akan mengesankan.

Jadi sangat cocok untuk anda yang menyukai dekorasi vintage.

6. Anyaman ketak

6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-OlehKerajinan khas masyarakat Lombok NTB. Foto Instagram ketakitaid

Berbicara tentang suvenir, tekstil tidak pernah dibeli untuk dibawa pulang. Di Lombok ada tenun yang terkenal yaitu tenun ketak. Ketak adalah tanaman liar yang tumbuh di Lombok. Benang dari pohon ketak ini kemudian ditenun menjadi berbagai macam barang, seperti tatakan gelas, kotak perhiasan, meja, dan lainnya.

Pembuatannya membutuhkan banyak kesabaran karena tenunan ini rumit dan detail sehingga hasilnya mencengangkan. Bagi anda yang ingin mencari tenun ketak, anda bisa mengunjungi Desa Beleka. Harga pemasangan sangat bervariasi tergantung pada produk dan tingkat kualitas.

Demikian uraian singkat kami tentang kerajinan tangan khas Lombok. Semoga dapat membantu anda menemukan oleh-oleh khas Lombok yang anda inginkan. Selamat berbelanja guys.

Baca Juga: 10 Potret ‘Bake it Sweet’, Toko Kue ‘Instagramable’ di Lombok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari : ntb.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *