Kerajinan Tangan Para Lansia di Lingkar Tambang PT. NHM Banyak Diminati – penamalut.com

Diposting pada

PENAMALUT.COM, TOBELO – PT. Nusa Halmahera Minerals (PT. NHM) melalui program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat (PPM) memberikan manfaat bagi warga lingkar tambang khususnya lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Halmahera Utara.

Di mana para Lansia yang berada di Desa Pasir Putih, Kecamatan Kao Teluk, itu dapat membuat hasil kerajinan yang bisa menjadi cinderamata dan mendapat banyak peminat.

Manager Social Performance PT. NHM, Hansed P. Lasa mengatakan, tim Kinerja Sosial atau Social Performance PT. NHM baru-baru ini menemui para ibu-ibu dan nenek-nenek yang mengelola kegiatan dengan membuat kerajinan tangan tersebut sudah berjalan dua tahun sejak tahun 2020.

Tim SP PT. NHM terus melakukan upaya-upaya pendampingan bagi setiap kelompok usaha di bawah program PPM PT. NHM pada masyarakat lingkar tambang untuk terwujudnya masyarakat mandiri dan inovatif.

“Manajemen PT. NHM juga menawarkan kepada para karyawan dan karyawati PT. NHM jika berminat untuk membeli produk kerajinan tersebut,” katanya kepada wartawan, Rabu (13/7).

Sementar Ketua kelompok Kearifan Lokal, Min Sasamulare, mengaku sudah banyak pesanan dari berbagai kalangan yang memesan kerajinan tersebut. Kerajinan yang dihasilkan ada beberapa macam, seperti nyiru, sapu lidi, saringan, tikar dan beberapa jenis alat dapur yang bisa digunakan untuk memasak.

“Pesanan yang paling banyak adalah nyiru yang biasanya dipesan dengan nama pemesan masing-masing,” ujar Min.

Selanjutnya, kata Min, pesanan juga datang dari mereka yang akan menyelenggarakan acara pernikahan atau upacara adat maupun lokakarya anak-anak sekolah. Selain menjadi bagian dari sumber pendapatan tersendiri untuk para lansia, dukungan terhadap kelompok seperti ini juga dapat mempertahankan keberlanjutan kearifan lokal secara turun temurun.

Baca Juga :   Tingkatkan Jiwa Korsa, Kemapuan Fisik dan Mental, Prajurit Kima Menart 2 Marinir Laksanakan Hanmars – Pelopor Wiratama

“Harapannya ke depan kami dapat memiliki tempat untuk mengajarkan keterampilan yang dimiliki bagi generasi selanjutnya, dan juga dapat dijadikan tempat yang aman untuk penyimpanan bahan-bahan,” tukasnya. (fnc/ask)

Artikel ini bersumber dari : penamalut.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *