Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Apresiasi Kain Besurek Bengkulu

Jakarta, beritaterbit.com – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/9). Pameran ini diikuti seluruh Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan mengambil tema “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” dengan Tagline “Cinta Kriya dan Bangga Buatan Indonesia”.

Ketua Dekranasda Provinsi Bengkulu Derta Rohidin menerangkan, pada pameran Kriyanusa 2022 ini Bengkulu menampilkan produk-produk kriya unggulan di antaranya Kain Besurek, tas Besurek yang dikolaborasikan dengan kerang hijau, sandal, kipas, cinderamata kalung hingga produk anyaman bambu dan tas dari kulit lantung.

“Kriyanusa 2022 ini, Dekranasda Provinsi Bengkulu dan Dekranasda Bengkulu Tengah hadir membawa produk kriya dari pengrajin UMKM. Tentu, produk unggulannya Kain Besurek, yang dikolaborasikan dengan kerang hijau dan kulit lantung. Kemudian, ada produk kriya dari bahan bambu asal Bengkulu Tengah yang menjadi juara pada Rakerda Dekranasda lalu,” ujar Derta saat meninjau Stand.

Selain itu, menurut Derta, produk kriya Bengkulu akan terus dikembangkan pemasarannya dan Dekranasda berkomitmen memberikan bimbingan, agar ke depan para pengrajin dapat mandiri memasarkan produknya secara online.

“Dekranasda akan membantu pengrajin agar dapat membuat foto produk sendiri hingga membuat website marketplace, sehingga produknya dapat dipasarkan keseluruh dunia,” terang Derta.

Terakhir, Derta juga turut memberikan cinderamata kepada Ketua Dekranasda Jawa Timur Arumi Bachsin yang hadir ke stand pameran Provinsi Bengkulu.

“Kita kedatangan Ibu Arumi, yang sangat bangga berasal dari Bengkulu tepatnya Manna. Ada sedikit cinderamata yaitu sarung Kain Besurek untuk beliau, semoga beliau senang dan tambah cinta kepada Bengkulu,” imbuh Derta yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Bengkulu.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin mengapresiasi stand Bengkulu yang menampilkan kain Besurek. Menurutnya, motif pada kain Besurek sangat menarik dan bagus untuk dikenakan dalam momen apapun.

“Alhamdulillah, Bengkulu merupakan tanah leluhur saya. Tepatnya di Bengkulu Selatan Manna. Kain Besurek Bengkulu sangat bagus dan dulu waktu saya menikah seserahannya ada juga membawa kain Besurek,” terang Arumi.

Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2022 dibuka secara langsung oleh Ibu Presiden RI Iriana Joko Widodo, dan turut hadir Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, serta Ketua Dekranasda se Indonesia dan Kepala Disperindag se Indonesia. Pameran Kriyanusa 2022 akan berlangsung dari 21 hingga 26 September 2022.

Artikel ini bersumber dari : www.beritaterbit.com.

Tinggalkan komentar