Kini… Desa Wisata Kampung Sarugo Sudah 3 Tahun Merajut Asa

Diposting pada

Limapuluh Kota- Kampung Sarugo terletak di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, Hari ini dewasa wisaza itu merayakan Milad ke 3.

Rangkaian kegiatan berlangsung sejak Jum’at 26 Agustus hingga puncaknya Rabu 31 Agustus 2022, dengan konsep ‘Rumah Gadang Maimbau Pulang’.

Hadir pada Syukuran Milad ke 3 itu, Bupati Limapulub Kota diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten 50 Kota, Desri, Rektor UM Sumbar yang diwakili oleh Wakil Rektor III UM Sumbar, Moch Abdi, Anggota DPRD Kairul Apit, Pemerintah Kecamatan dan Nagari.

Perayaan Milad 3 ini, manajemen desa wisata di sana menggelar banyak kegiatan, seperti kunjungan wisatawan dari 4 kabupaten di Riau, Sarugo Fashion Day dan yang lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Desri mengucapkan selamat kepada Kampung Sarugo yang telah melewatkan Milad ke 3.

“Kampung ini sudah terkenal di mana-mana, tapi kita perlu melakukan pembenahan untuk kemajuan kita bersama. Mari kita saling bahu-membahu untuk ke depannya,” ungkap Desri.

Secara khusus, Desri mengapresiasi peran UM Sumbar dalam mengembangkan Sarugo hingga meraih banyak penghargaan.

“Atas nama Pemkab Limapuluh Kota, kita ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada UM Sumbar atas pengabdiannya, jangan pernah bosan mendampingi Sarugo,” kata Desri.

Kadisparpora mengatakan, tahun depan Pemkab 50 Kota akan mengucurkan APBD dalam mengembangkan kampung adat ini.

Hal senada, juga diungkap Anggota DPRD Kabupaten 50 Kota Kairul Apit, yang mengapresiasi peran UM Sumbar dalam memajukan Sarugo hingga menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten 50 Kota. Khairul Apit juga mengungkapkan ke depan juga akan memaksimalkan pemanfaatan dana pokir nya untuk pengembangan kampung sarugo.

Baca Juga :   Wisata Rohani Gunung Kawi Diharap Jadi Penopang Pariwisata Malang

Sementara, Ketua Pokdarwis Kampung Sarugo, Richy Chanda berharap, Milad ke 3 ini ke depannya UM Sumbar terus berpartisipasi aktif dalam kemajuan kampung dengan puluhan rumah gadang itu.

Kampung Adat Sarugo dikembangkan UM Sumbar sejak 2019 silam. Berawal dari mahasiswa KKN, UM Sumbar kemudian menjadikan daerah itu sebagai tempat kawasan binaan.

Sarugo kemudian melesat menjadi daerah tujuan wisata dan meraih Juara II pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022.

Kemudian Juara III pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) API 2021 dan Juara I Apresiasi Pokdarwis Tingkat Propinsi Sumatera Barat. Dan pada tahun pertama hadirnya, Kampung Sarugo ditetapkan sebagai Smart Branding Kabupaten Limapuluh Kota.

Wakil Rektor III UM Sumbar, Moch Abdi mengatakan, Milad ke 3 ini mesti menjadi momentum bagi Pemkab 50 Kota untuk terus mengembangkan Sarugo.

“Raihan yang dicapai Sarugo harusnya menjadi cemeti bagi pemerintahan dan masyarakat dalam mengembangkan kawasan ini ke depan,” kata Abdi.

Pada kesempatan itu Abdi menyampaikan ucapan terimakasih yang tak bertepi kepada rekan-rekan media baik cetak, online dan televisi yang hampir 3 tahun ini selalu bergandengan tangan dengan kampus UM Sumbar membesarkan Kampung Sarugo.(umrls)



Artikel ini bersumber dari : www.tribunsumbar.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *