KLHK Tunjuk Perupa Asal Garut Sketsa Wajah 33 Tamu Kehormatan G20 di Bali

Diposting pada

TIMESINDONESIA, GARUT – Seorang perupa asal Kabupaten Garut, Yana Supriatna (57), ditunjuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menyediakan cinderamata sketsa wajah. Sketsa wajah yang diminta KLHK adalah sketsa para menteri Lingkungan Hidup (LH) maupun narasumber dan tamu kehormatan negara-negara anggota Group of Twenty (G20) 2022 di Bali.

“Ada 33 orang dari rencana awal 43 orang, karena ada beberapa menterinya yang tidak bisa hadir,” kata Yana yang akrab disapa Destra Yana, Minggu (4/9/2022).

Kegiatan yang berlangsung 29 sampai 31 Agustus 2022 lalu itu, kata dia, merupakan suatu kehormatan karena bisa menunjukkan aksi membuat sketsa wajah yang dilakukan langsung di lokasi acara, Bali.

Perupa-Asal-Garut-Destra-Yana-2.jpg

Yana mengaku sempat menghadapi beberapa tantangan saat membuat karya sketsa wajah langsung di lokasi, dengan objek berbagai karakter dan ras berbeda terlebih yang memiliki rambut keriting. “Ada beberapa menteri perempuan yang rambut bertekstur keriting kriwel-kriwel (keriwil). Sedangkan sketsa dominan tarikan garis lurus,” ucapnya.

Destra mengungkapkan kedatangannya ke acara tersebut mendapat sambutan hangat dari tamu atau orang-orang yang datang ke lokasi tersebut. Apalagi sketsa wajah sebagai cenderamata, kata dia, bagi mereka para pejabat negara merupakan sesuatu yang baru sehingga mengapresiasinya.

“Apresiasinya bagus banget pak, malahan kalau disebutkan mungkin cenderamata berupa sketsa itu hal baru mungkin itu,” ujarnya.

Ia menyampaikan undangan dari KLHK itu menjadi tambahan semangat setelah dua tahun ke belakang sempat mengalami penurunan produktivitas dalam berkarya karena sakit. “Ketika secara tiba-tiba ada yang menghubungi dari kementerian itu memang membuat saya bersemangat kembali, ada energi baru untuk kembali berproduktivitas atau berkarya,” kata bapak empat anak itu mengungkapkan.

Perupa-Asal-Garut-Destra-Yana-3.jpg

Kehadiran seniman asal Garut ke Bali dalam acara G20 itu mendapatkan apresiasi dari Bupati Garut Rudy Gunawan. Rudy Gunawan mengaku bangga warga Garut bisa berkontribusi dalam acara pertemuan internasional itu.

Baca Juga :   Yontankfib 2 Marinir Latihan Perorangan Kesenjataan Materi Naik Turun Opleger – Pelopor Wiratama

Menurut Bupati Garut, perupa Destra Yana merupakan orang yang memiliki kemampuan luar biasa dengan hasil karyanya berupa membuat sketsa wajah. “Kang Destra Yana merupakan orang yang mempunyai talenta yang luar biasa, dipercaya untuk memberikan suvenir melukis wajah peserta daripada pertemuan G20 2022, luar biasa Garut,” ucap Bupati Garut. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *