KSK Berharap Presiden Kenakan Pakaian Adat Konawe di Upacara HUT RI

Diposting pada

Aris Syam, telisik indonesia

Senin, 15 Agustus 2022

76 dilihat

KSK Berharap Presiden Kenakan Pakaian Adat Konawe di Upacara HUT RI

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa berharap dalam perayaan HUT RI, Presiden RI Joko Widodo memakai pakaian adat khas Konawe. Foto: Ist.

” Menurut Bupati Konawe, akan sangat luar biasa kalau Pak Jokowi nanti bisa mengenakan pakaian adat khas Sultra, khususnya dari Konawe ”

KONAWE, TELISIK.ID – Momentum perayaan HUT ke-77 RI tahun 2022 menjadi panggung besar bagi Provinsi Sulawesi Tenggara. Pasalnya, Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memakai pakaian adat asal Sulawesi Tenggara dalam perayaan tersebut.

Sebelumnya, tompi atau bendera Kerajaan Konawe telah dipilih untuk menjadi pengiring bendera pusaka Republik Indonesia beserta sejumlah bendera kerajaan lainnya, dan kali ini Presiden RI juga dikabarkan akan memakai salah satu pakaian adat khas Sultra yakni Tolaki dan Buton.

Mendengar kabar tersebut, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (KSK) sangat mengapresiasi Presiden Jokowi jika nantinya yang dikenakan dalam perayaan HUT RI itu merupakan pakaian adat khas dari Sultra.




Menurutnya, Presiden Jokowi memang selalu memberikan perhatian khusus kepada Sultra, tak terkecuali di Konawe yang dikenal sebagai umbung beras. Bentuk perhatianya cukup jelas selama ini, yaitu telah  banyak mendorong investasi dan proyek strategis nasional masuk ke Sultra.

Baca Juga: Tombi Kerajaan Konawe Kembali Berkibar di Istana Negara dalam Perayaan HUT ke-77 RI

“Konawe sendiri adalah masa depan Indonesia. Kita adalah lumbung besar dan saat ini menjadi salah satu pusat investasi nasional,” ungkapnya.

Olehnya itu, Bupati Konawe dua periode itu sangat berharap kabar terkait Jokowi bakal mengenakan pakaian adat Sultra itu benar adanya. Ia pun tak sabar menunggu kepastian informasi tersebut. Terlebih kata dia, salah satu opsi dari pakaian adat yang akan dipakai adalah pakaian adat khas Tolaki yang lahir dari Bumi Konawe.

Baca Juga: Pengurus Pusat Keluarkan SK Baru, Sekretaris JMSI Sultra Diganti

“Makanya akan sangat luar biasa kalau Pak Jokowi nanti bisa mengenakan pakaian adat khas Sultra, khususnya dari Konawe,” harapnya.

Baca Juga :   15 Penggerak Pendidikan Sampaikan Kisah dari Akar Rumput - Konferensi Pendidikan di Timur Indonesia

Diketahui, selain pakaian adat, Sultra diberi kesempatan untuk menampilkan tarian khas pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di istana negara yaitu Tari Lumense dari Kabupaten Bombana. (C-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Haerani Hambali 



Artikel ini bersumber dari : telisik.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *