6 Kuliner Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Diposting pada

Kuliner Khas Jepang – Di Indonesia terdapat banyak kuliner khas Jepang populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Jepang sendiri merupakan negara terkenal dengan teknologi, bunga sakura dan kedisiplinan warganya yang tinggi.

6  Kuliner Khas Jepang yang Populer dan Banyak Disukai

Kuliner Khas Jepang
Kuliner Khas Jepang

Selain kuliner dari Korea, ternyata kuliner Jepang ini juga banyak disukai loh. Tidak hanya kalangan anak muda saja, namun juga kalangan orang dewasa. Namun sayang, kuliner Jepang ini tidak banyak tersedia di pedagang kaki lima. Berikut 5 makanan khas Jepang yang dimaksud.

1. Udon

Berbeda dengan ramyeon, udon memiliki ukuran mie lebih tebal khas Jepang. Dibuat dari bahan dasar tepung terigu yang kemudian direbus menggunakan kuah kaldu. Biasanya dinikmati dengan berbagai gorengan seafood dan sayuran.

Tidak hanya tebal, ada juga udon yang dibuat tipis namun lebih sering disebut dengan Hosoudon. Untuk bahan dasarnya juga sama yaitu tepung terigu protein rendah ditambah dengan sedikit garam dan air secukupnya. Kemudian cetak adonan dan langsung rebus pada air panas.

2. Dorayaki

Siapa sih yang tidak tahu makanan dorayaki ini. Dorayaki banyak dikenal sebagai makanan disukai doraemon. Doraemon sendiri merupakan serial kartun berasal dari Jepang. Dorayaki ini termasuk kuliner dari tradisional di Jepang, memiliki bentuk tebal dan bulat.

Dibuat dari dua pancake berbentuk bulat kemudian diisi dengan selai kacang merah. Teksturnya lembut dengan rasa yang manis. Di Indonesia, dorayaki di inovasi dengan berbagai varian rasa seperti coklat dan strawberry.

Baca Juga :   Mengenal Keindahan Alam dan Tempat Wisata di Labuan Bajo Halaman all

3. Okonomiyaki

Okonomiyaki terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan sayur dan daging, maupun ikan. Kemudian dipanggang pada sebuah plat besi. Disajikan dengan olesan saus diatasnya dan tambahan mayones pedas.

Terdapat 2 macam okonomiyaki yaitu okonomiyaki ala kansai dan ala hiroshimat. Bahan digunakan sama, yang membedakan hanya cara pengolahannya. Jika okonomi kansai bahan tidak perlu dicampur terlebih dahulu, sedangkan ala hiroshima perlu dicampur terlebih dahulu.

4. Sashimi

Pasti sudah tidak asing jika mendengar kata sashimi. Sashimi adalah potongan ikan atau seafood segar yang disantap bersama kecap asin dan wasabi. Sekilas sashimi mirip dengan sushi, tapi sebetulnya kedua berbeda.

Jadi shasimi hanya berupa daging seafood segar, berbeda dengan sushi. Sushi bisa berupa seafood atau daging yang diletakan diatas sebuah nasi dan disantap bersama kecap asin dan wasabi.

5. Onigiri

Kuliner satu ini sudah cukup merakyat di Indonesia. Tidak perlu datang ke restauran mewah karena sudah banyak dijual di supermarket. Onigiri adalah nasi yang dikepal dan diberikan isian seperti ikan maupun daging, kemudian dibungkus menggunakan rumput laut kering atau nori.

Onigiri ini banyak disukai untuk sarapan dipagi hari. Karena murah dan cukup mengenyangkan untuk mengganjal perut. Rasanya juga enak dan tersedia dengan berbagai varian isi.

6. Yakitori

Di Indonesia, yakitori ini mirip dengan sate ayam. Namun potongan daging yang digunakan memiliki ukuran cukup besar. Yakitori juga dipanggang dengan saus khusus yang terbuat dari garam, cuka beras, kecap asin, mirin serta gula.

Berbeda sekali dengan sate di Indonesia yang hanya dibakar dengan kecap manis dan disantap bersama bumbu kacang. Kalau Anda akan lebih suka yakitori atau sate?

Baca Juga :   Kendalikan Inflasi di Seluruh Daerah, Ini 9 Rekomendasi Extra Effort Menko Perekonomian RI

Sekian dulu penjelasan tentang 6 kuliner khas Jepang yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Dari 6 kuliner diatas, mana nih yang ingin Anda coba terlebih dahulu?

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *