Kuliner Khas NTT: Koki Holopanalodo Ato Kokis Solo Panas-Panas, Kenangan Masa Kecil di Kamtokis

Diposting pada

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Ferry Ndoen

POS-KUPANG.COM KUPANG – Kue Cucur ato kokis Solo salah satu satu kue khas Kuliner Khas NTT khususnya dari Pulau Rote juga pulau Sabu.
Kokis Solo ato kue cucur juga ada beberapa daerah di provinsi lain dengan nama berbeda dan campuran adonan yang mirip tapi tak sama.

Kokis Solo ato kue cucur punya cerita tersendiri bagi kitong anak-anak  yang lahir tahun 1960-an. Dan beta Ferry Ndoen yang lahir taon 1967 punya cerita tersendiri dengan kue yang satu ini.

Pasalnya, karena waktu beta masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak sampe beta duduk di bangku sekolah dasar, kue ini menjadi kue favorit beta.

Kue ini punya banyak kisah dan cerita menarik bagi beta saat beta masa kecil saat beta pung Papi dan Beta pung Mami masih Hidup. 

Beta pung Papi meninggal taon 2001 usia 81 taon. Dan beta pung Mami meninggal usia 76 taon ato wafat taon 1996 saat beta masih tugas sebagai wartawan ato jurnalis di wilayah perbatasan Kabupaten Belu Timor Leste selama 2 taon 1995-1997.

Beta lahir di Kamtokis ato orang Kupang yang lahir taon 1960-an sampe taon 1970- kenal istlah ini dengan nama Kampung Tode Kisar, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. 

Sakarang ini su berubah jadi Kelurahan Tode Kisar. Kampung ini dahulu dihuni  paleng banyak oleh orang turunan Kisar ato berdara Ambon-Belanda.

Beta Ferry Ndoen lahir tahun 1967 dari orangtua papi STM Ndoen dengan Mami Anica-Isabela Ndoen-Brand.

Beta pung air-ari lahir dan ditanam di Kamtokis ato Kampung Tode Kisar, Kota Kupang. (Dulu masih Kabupaten Kupang)

kokis solo pana lodo
KOKIS- Kokis Holo Panalodo ato orang sabu bilang Kokis Solo Panas-Panas ala Ferry Ndoen, gurih dan enak

KOKIS SOLO- Kokissolo panalodo orangsabu bilang ato kue solo/kue cucur minum deng kopi ato teh panas nikmat bro
KOKIS SOLO- Kokissolo panalodo orangsabu bilang ato kue solo/kue cucur minum deng kopi ato teh panas nikmat bro (POS-KUPANG.COM/FERRY NDOEN)


Artikel ini bersumber dari : kupang.tribunnews.com.

Baca Juga :   Peringati HUT RI, Mendes PDTT Gelar Upacara di Perbatasan NTT
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *