Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidah

Diposting pada

Lombok Barat, IDN Times – Saat berlibur di Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner tradisional setempat. Kuliner dengan usia rata-rata 20 tahun ini kerap disukai wisatawan saat datang ke Lombok.

Jadi hidangan apa yang harus anda coba di pulau ini?  Di bawah ini terangkum 10 kuliner khas Lombok yang dijamin bisa menggoyang lidah para wisatawan kuliner.

Penasaran?

1. Sate bulayak suranadi

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahsate bulayak (instagram.com/sasmitaedo)

Satai bulayak terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok dan dipadukan dengan potongan lontong yang disebut bulayak. Lontong dibungkus dengan daun lontar. Bumbu satai bulayak ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai dan digiling kemudian direbus dengan santan dan banyak bumbu masak lainnya, sehingga rasanya seperti gulai tapi tekstur kuahnya agak kental.

Satu porsi satai bulayak terdiri dari 10 tusuk satai dengan lontong. Ada juga bagian daging jeroan bagi mereka yang menggemarinya, anda bisa memilih satai campur. Satu bagian dijual seharga Rp20 ribu. 

Satai bulayak suranadi berdiri pada tahun 1990 berlokasi di Jalan Suranadi Narmada, Kabupaten Lombok Barat setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 Wita.

2. Ayam taliwang irama

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahayam taliwang (instagram.com/makansamakoko)

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Lombok tanpa mencicipi masakan ayam taliwang irama yang sudah ada sejak tahun 1973. Masakan ayam ini dimasak dengan cara dibakar dengan bumbu khas Lombok, sehingga memberikan rasa yang harum dan pedas.

Untuk bisa menikmati sajian ini, pengunjung bisa merogoh kocek Rp50 ribu. Lokasi restoran ini berada di Jalan Ade Irma Suryani 10 Cakranegara Lombok.

Restoran ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 23.00 Wita.

3. Nasi balap puyung inaq esun

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahlombokinfoterbaru.com

Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan menjadi populer di kawasan Puyung Lombok Tengah. Nasi ras terdiri dari nasi kukus, suwiran ayam, buncis goreng, ayam kriuk dan kedelai goreng. Hidangan ini disajikan di atas alas daun kelapa.

Baca Juga :   Rekomendasi Kafe Luas dengan Menu Bervariasi di Mataram

Harga nasi runnya Rp18 ribu, tapi kalau ditambah telur asin bisa ditambah Rp5 ribu. Warung ini terletak di Jalan Raya Puyung Road Jonggat Kabupaten Lombok Tengah buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 22.00 Wita.

4. Satai rembiga Bu Sinnaseh

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahmembakar satai rembiga (instagram.com/mahasiswakulineran)

Didirikan pada tahun 1988, satai rembiga Ibu Sinnaseh telah menjadi tempat makan legendaris yang terkenal di Lombok. Restoran yang berlokasi di Jl Dr Wahidin No 11B Rembiga Selaparang Kota Mataram yang berjualan satai sapi. 

Satai daging sapi dibumbui dengan bumbu pedas, manis dan asin. Siap membuat penonton ketagihan. Restoran ini melayani pengunjung dari pukul 09.00 hingga 22.00 Wita.

Selain satai sapi, pengunjung juga dapat mencoba satai hati, satai ayam, sambal bebek dan masih banyak hidangan lainnya. Rata-rata harga porsi satai adalah Rp30 ribu. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terbaik di Pulau Lombok yang Bikin Jatuh Cinta

5. Depot Kelebet

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang LidahDepot Kelebet di Mataram Nusa Tenggara Barat. Foto Instagram meowlidays

Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1976 ini menyajikan hidangan utama bebalung atau yang biasa dikenal dengan sop tulang. Sop ini menggunakan daging sapi atau iga kerbau, kemudian kuahnya dibumbui dengan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit, lalu jahe.

Sup ini pedas, rata-rata, memiliki kemampuan untuk menghangatkan tubuh. Harga satu porsi bebalung berkisar Rp25 ribu. Depot Kelebet terletak di Jalan HOS Cokroaminoto No 10 Monjok Tim Kec Selaparang Kota Mataram.

Depot Kelebet buka mulai pukul 07.00 hingga 16.00 Wita.

6. Restoran Em Dua

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang LidahIlustrasii satai (IDN Times/Besse Fadhilah)

Restoran ini berdiri sejak tahun 1993, menyajikan masakan khas Lombok. Hidangan yang diminta oleh para tamu adalah satai sum-sum ayam taliwang dan satai tulang belakang yang dibumbui dengan bumbu manis dan pedas.

Harga hidangan di sini sekitar Rp10 ribu-Rp50 ribu. Toko ini terletak di Jalan Pelican Road No 6 Mataram Lombok. Buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 22.00 Wita.

7. Satai tanjung

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahrecipeland.com

Satai ikan memiliki rasa asin dan asam. Sementara pada umumnya satai pasti menggunakan bumbu kacang, satai tanjung ini disajikan tanpa saus apa pun. Cita rasanya yang khas membuat satai ikan tanjung menjadi sajian yang diminati masyarakat Lombok.

Baca Juga :   Seminar Penyadaran Akses Pasar IPDMIP Digelar oleh Bapeltanbun NTB

Rasa pedasnya yang dipadukan dengan daging ikan yang lembut membuat banyak orang ketagihan. Satai tanjung banyak dijual di sepanjang jalan di Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

Tidak hanya satu rumah makan, ada puluhan penjual satai ikan yang tersebar di sekitar lingkungan ini. Sedangkan untuk harga satai tanjung dijual dengan harga Rp1 ribu setiap tusuk.

8. Restoran Masteng

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahsate (instagram.com/dendyinterval)

Berlokasi di Jalan TGH Faisal Mataram di Lombok warung ini mengolah daging kuda menjadi bebalungan dengan menggunakan tulang dan iga kuda. Selain bebalung kuda, Restoran Masteng juga menawarkan satai daging kuda.

Cukup merogoh kocek Rp25 ribu dan anda sudah bisa menikmati semangkuk kuda bebalung. Untuk seporsi satai daging kuda, anda hanya perlu membayar Rp20 ribu. 

Rumah makan berusia 30 tahun ini tak hanya ramai dikunjungi warga setempat, namun wisatawan juga singgah di sini untuk menikmati satai kuda ala Bebalung dan Masteng.

9. Warung Murah Meriah Bengkel

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang Lidahbelut kecap (instagram.com/sasmitaedo)

Berlokasi di Jalan TGH Ibrahim Khalidy Bengkel Lombok Barat, kedai ini menawarkan hidangan seperti bebalung, nasi belut, ikan laut, ikan segar, polisi, nasi ayam, nasi daging, bacon, dan aneka seafood.

Di kalangan warga sekitar, karena makanannya enak, terjangkau. Harga masakan yang ditawarkan hanya dari Rp8 ribu-Rp30 ribu per porsi. Restoran ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam.

10. Warung Rembiga Utama

10 Kuliner Legendaris di Pulau Lombok yang Jago Goyang LidahSatai sapi (instagram.com/dapur_yanthy)

Lombok terkenal dengan menu makanan satai. Warung Rembiga Utama menawarkan satai sapi dengan rasa manis, gurih dan pedas.

Kedai ini sudah berdiri lebih dari 30 tahun dan masih mempertahankan cita rasa asli rempah-rempah yang diturunkan dari generasi ke generasi. Satai di  resto ini memiliki daging yang empuk dan bumbu meresap ke dalam dagingnya.

Untuk bisa menikmatinya, kamu bisa membelinya seharga Rp20 ribu per porsi. Warung Rembiga Utama buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 23.00 Wita.

Baca Juga: 6 Kerajinan Tangan Khas Lombok yang Patut Anda Jadikan Oleh-Oleh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.


Artikel ini bersumber dari : ntb.idntimes.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *