Kupas Tuntas – Rayakan HUT ke-31 Lampung Barat, Parosil Ngayuh Bebakhong Bersama Komunitas Goweser

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus saat membuka acara bersepeda santai di Gor Aji Saka, Minggu (18/9/2022). Foto: Echa/kupastuntas.co

Kupastuntas.co, Lampung Barat – Sebagai rangkaian hari jadi Kabupaten Lampung Barat ke-31 yang jatuh pada 24 September 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menggelar ngayuh bebakhong atau yang lebih akrab disebut ngegowes bersama.

Acara bersepeda santai di Gor Aji Saka kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balikbukit, Minggu (18/9/2022). itu dibuka sekaligus diikuti oleh Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus.

Diikuti kurang lebih 1.324 peserta pesepeda yang tergabung dalam komunitas Goweser Liwa Gowes Community (LGC), Lampung Barat, serta melibatkan ratusan orang dari luar Lampung seperti Bogor, bengkulu dan Palembang.

Sebelum tour dimulai, Pakcik sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat beserta rombongan melakukan senam terlebih dahulu sebagai gerakan pemanasan sebelum bersepeda agar terhindar dari cedera otot.

Tour bersepeda atau yang lebih akrab dikalangan para atlite sepeda disebut dengan gowes itu di mulai pada pukul 07.30 WIB pagi.

Orang nomor satu di Bumi Beguai Jejama Sai Betik beserta rombongan star dari kawasan Sekuting Terpadu – Aspol – Perusahan Listrik Negara (PLN) liwa – Seranggas – Palang Merah Indonesia (PMI) lampung barat – hotel permata – makam pahlawan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar – kebun raya liwa – hamtebiu – taman kota liwa – bundaran pasar liwa – polres lampung barat lalu finish di kawasan sekuting terpadu.

Selain dalam rangka perhelatan hari jadi kabupaten lampung barat, Gowes tersebut juga dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ‘Lampung Bersepeda Ke-27’ 

Parosil mengungkapkan rasa haru dan bangga atas kunjungan goweser, hal itu menjadi spirit bagi kabupaten lampung barat untuk terus melakukan pembangunan, khususnya di bidang wisata.

Pada kesempatan itu juga, pakcik merasa bangga karena di Lampung Barat memiliki wisata kawah nirwana yang terdapat di Suoh.

“Di Indonesia hanya Lampung Barat yang memiliki objek wisata kawah nirwana. Lampung Barat ini pantas disebut surga tersembunyi,” kata Parosil.

Karena dengan adanya kunjungan ini, maka pembangunan Lambar dapat terus di dukung, jika acara seperti ini tentu tujuannya bukan hanya untuk berolahraga tetapi juga untuk kunjungan wisata, sehingga perekonomian masyarakat Lambar terbantu.

Selanjutnya Parosil mohon doa agar Lambar terus dapat mengejar ketertinggalan agar menjadi kabupaten yang hebat dan sejahtera.

“Lambar sudah cukup membanggakan bagi Lampung dengan adat budaya serta pariwisata yang ada,” tutupnya.

Sementara koordinator goweser Lampung, Rudi mengungkapkan, event Lampung Bersepeda merupakan kegiatan yang dilakukan tiga bulan sekali dilaksanakan dengan secara bergantian, kali ini bersamaan dengan ulang tahun bersepeda lampung ke-27.

“Pada hari ini kabupaten lampung barat menjadi tuan rumah kegiatan Goweser ini,” sebutnya.

Kegiatan tersebut bertujuan sebagai ajang untuk menyalurkan hobi sekaligus sebagai sarana untuk mempererat silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Lampung barat dengan para peserta komunitas Goweser LGC, kabupaten lampung barat, lampung maupun dari luar Provinsi.

Di hari Ulang Tahun Lampung Bersepeda ke-27, pihaknya berharap selain untuk menciptkan atlet bersepada di lampung yang hebat juga menjadi ajang silaturrahmi untuk para goweser yang terdapat di lampung maupun luar lampung.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten lampung barat yang sudah mendukung jalannya kegiatan tersebut. 

Kegiatan tersebut dihadiri juga Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, Forkopimda,  Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Nukman M.M, Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Peratin dan para pengurus Goweser dari berbagai kabupaten dan provinsi. (*)

Video KUPAS TV : Mahasiswa Kembali Suarakan Tolak Kenaikan Harga BBM

Artikel ini bersumber dari : www.kupastuntas.co.

Tinggalkan komentar