Lazismu Sidayu Santuni Janda dan Fakir Miskin | PWMU.CO

Diposting pada

Semarakkan momen HUT RI, Camat Sidayu, Nuryadi memberikan bingkisan dari Lazismu Sidayu kepada mustahik (M Khoiruddin PWMU/CO)
Semarakkan momen HUT RI, Camat Sidayu, Nuryadi memberikan bingkisan dari Lazismu Sidayu kepada mustahik (M Khoiruddin PWMU/CO)

Lazismu Sidayu Santuni Janda dan Fakir Miskin. Liputan Mohammad Khoiruddin, Kontributor PWMU.CO Gresik

PWMU.CO – Kantor Layanan Lazismu (KLL) Sidayu memberikan santunan kepada janda dan fakir miskin dalam kegiatan Bazar Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia di Alun-Alun Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sabtu (27/08/2022).

Ceria dan bahagia nampak terlihat di raut wajah mereka, karena mendapatkan santunan dari Layanan Amal Zakat Infak Sedekah Muhammadiyah Kantor Layanan Lazismu (KLL) Sidayu, Kabupaten Gresik.

KLL Sidayu membagikan 500 bingkisan kepada janda dan fakir miskin di wilayah Kecamatan Sidayu. Setiap bingkisan berisi beras 5 kilogram, minyak goreng, mie instan dan uang 50 ribu. Pembagian ini bertepatan pada acara Bazar HUT Ke-77 RI, yang diselenggarakan pemerintahan Kecamatan Sidayu.

Ketua Lazismu Kecamatan Sidayu, Ahmad Khusaini mengatakan, program Paket Kado Kemerdekaan ini untuk meringankan beban masyarakat, terutama mereka yang berasal dari kalangan tidak mampu, dalam memenuhi kebutuhan di saat hari kemerdekaan ini.

“Ini merupakan program rutin yang dilakukan pada akhir Bulan Agustus setiap tahunnya,” ujar Khusaini.

Dia menjelaskan, penyaluran bingkisan itu sebagai salah satu bentuk respons dan komitmen Lazismu dalam membantu kaum dhuafa di daerah setempat.

“Masih ada kelompok masyarakat yang mengalami keterbatasan kemampuan ekonomi, sehingga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya,” kata dia.

Ia menjelaskan, paket tersebut berasal dari bantuan masyarakat yang dikumpulkan melalui Kantor Layanan Lazismu di tingkat Kecamatan Sidayu.

Secara simbolis, pemberian bingkisan itu disampaikan oleh Camat Sidayu, Kapolsek Sidayu, Danramil Sidayu, Ketua PCM Sidayu dan Ketua KLL Sidayu.

Dari kiri Camat Sidayu, Ketua PCM Sidayu, Ketua KLL Sidayu, Kapolsek Sidayu, Danramil Sdayu, dan Ketua Dikdasmen PCM Sidayu foto bersama setelah memberikan bingkisan secara simbolis (Khoiruddin/PWMU.CO)

Apresiasi untuk Lazismu dari Tokoh Masyarakat

Ahmad Muladzid, Ketua PCM Sidayu memberikan apresiasi yang luar biasa bagi pengurus Lazismu Kecamatan Sidayu dan para donatur.

Baca Juga :   Tertarik Liburan Naik Bus? Ini Dia Rute Bus Shuttle Terpopuler di Indonesia

“Apa yang dilakukan KLL Sidayu merupakan suatu bentuk ibadah yang diselaraskan dengan hubungan sosial sesama manusia. Ibadah ini akan menjadi bekal kita, kelak ketika di akhirat dan menjadi amal baik kita semua,” katanya.

Sementara itu, Camat Sidayu, Nuryadi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KLL Sidayu karena dalam momen HUT RI ini mampu berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dengan Adanya bazar ini, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di Sidayu terutama UMKM, sehingga masyarakat dapat pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Terima kasih kepada Lazismu Sidayu yang juga selalu berperan aktif,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih karena Lazismu berperan aktif dalam menangani pasien saat mewabahnya penyakit corona.

“Hampir setiap jam mobil layanan Lazismu selalu lalulalang mengantarkan pasien, dengan tiga armada yang dimiliki KLL Sidayu,” katanya.

Kepada PWMU.CO, Kapolsek Sidayu, Iptu Khairul Alam juga memberikan kesan yang positif untuk KLL Sidayu di sela-sela kunjungannya di stand Perguruan Muhammadiyah Sidayu.

“Kami sangat mendukung kegiatan Lazismu yang sangat memperhatikan kaum dhuafa dan yatim piatu, semoga kegiatan ini bisa istiqomah dilakukan,” harapnya.

SD Muhsida Raih Juara II Stand Bazar

Perguruan Muhammadiyah dan Aisiyah Cabang Sidayu mendaftarkan 7 stand bazar. Stand itu untuk 5 sekolah Muhammadiyah di wilayah Sidayu, yakni SD Muhammadiyah (Muhsida) hingga SMA Muhammadiyah. Sedangkan 1 stand untuk Nasiyatul Aisiyah (NA) dan 1 stand untuk KLL Sidayu.

Setiap stand menjual makanan, minuman dan jajanan khas wilayah Sidayu. Penjualannya melalui kupon yang sudah dijual sehari sebelumnya, sehingga tidak ada makanan dan jajanan yang tersisa. Untuk stand bazar KLL Sidayu tidak menyediakan kuliner, tetapi memberikan layanan pengobatan gratis dan pembagian sembako,

Baca Juga :   Belanja Jajanan Singapura di Pesta Rasa, Gandaria City Jakarta

Di akhir acara, tepatnya pukul 20.30 WIB, dibacakan pengumuman 3 juara stand bazar terbaik. SD Muhsida mendapatkan juara II dari kategori stand bazar dan menu makanan terbaik dengan menu Bonggolan Khas Wong Dayu. (*)

Co-Editor Nely Izzatul Editor Mohammad Nurfatoni

Artikel ini bersumber dari : pwmu.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *