Lima Kuliner Khas Kabupaten Ciamis yang Siap Menggoyang Lidah

Diposting pada

TEMPO.CO, Ciamis –Bicara mengenai Kabupaten Ciamis seolah tidak ada habisnya. Kabupaten yang berlokasi di Jawa Barat ini menyimpan banyak potensi destinasi wisata, termasuk wisata kulinernya.

Kabupaten Ciamis memiliki ragam kuliner yang lezat dan menggoyang lidah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Lantas, apa saja kuliner khas Kabupaten Ciamis yang wajib dicoba?

Mi glosor menjadi makanan pertama yang wajib dicicipi ketika berada di Kabupaten Ciamis. Berbeda dengan jenis mie pada umumnya, mie glosor memiliki teksutr kenyal dan licin sehingga mudah untuk disruput. Bahan pembuatan mi glosor adalah tepung kanji. Selain itu, mie glosor memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan mi lainnya. Mi glosor khas Ciamis ini disajikan bersama bakso.  

Makanan khas dan populer di Kabupaten Ciamis berikutnya bernama galendo. Kudapan yang satu ini memiliki citarasa manis dan gurih. Galendo terbuat dari sari pati kelapa yang diendapkan yang dikeringkan hingga menjadi serbuk.

Galendo oleh-oleh khas Ciamis dengan rasa original tapi dikemas seperti kue bolu atau brownies. Tempo/Rita Nariswari

Galendo akan terasa semakin nikmat karena memiliki varian yang bermacam-macam, seperti susu, coklat, dan original.

Baca juga : Ada Kijang Masuk Kampung di Ciamis, Asal Usulnya Masih Misterius

Berkunjung ke Kabupaten Ciamis akan kurang lengkap tanpa mencicipi hidangan pindang gunung. Sesuai namanya, bahan utama pindang gunung adalah ikan laut, seperti kakap, kakap merah, dan tongkol sehingga tak mengherankan makanan ini memiliki aroma kuat yang siap menggoyang lidah. Sajian ini dihidangkan bersama nasi hangat dan dimakan secara bersama-sama.

Kecimpring adalah salah satu nama jajanan tradisional khas Kabupaten Ciamis yang patut dicoba. Kecimpring dibuat dari singkong sehingga juga dikenal dengan nama keripik/kerupuk singkong.

Baca Juga :   Ternyata Berasal dari Daerah Ini, Sejarah dan Cara Memasaknya

Kuliner Kecimpring. Foto : Shopee

Kecimpring dolah dari paruta singkong yang dicampur dengan bumbu dan rempah seperti cabai, bawang putih, daun bawang, dan penyedap rasa. Setelahnya, adonan ini cetak tipis-tipis, dikukus, dan dijemur sampai kering lalu digoreng.

Makanan yang satu ini memiliki bahan utama berupa gula aren dan beras yang dikemas menggunakan daun pisang muda. Sekilas, cocorot memiliki bentuk yang mirip dengan terompet dengan rasa manis yang khas. Cocorot dapat dijumpai di wilayah Ciamis bagian selatan, seperti di Pangandaran, Cimerak, Cijulang, dan Parigi.

NAOMY A. NUGRAHENI

Baca juga : Ponselnya Meledak saat Dicas, Bocah SD di Ciamis Tewas

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik untuk bergabung.


Artikel ini bersumber dari : travel.tempo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *