MADE Diagram Pesisir, Atensi Warga Surabaya Rancang Arsitektural Wisata Bahari Surabaya

Diposting pada

Ir. Irvan Wahyu Drajad, M.MT Kepala Disperkim dan Dra. Wiwiek Widayati Kepala Disbudparpora dalam sesi pembukaan acara. Dok. Humas MADE)

Surabaya, Bhirawa.
Pameran Modern Art dan Exhibition (MADE) yang pertamakali digagas oleh Krearture dan didukung oleh pemerintah kota Surabaya digelar pertama kali di Balai Pemuda Surabaya pada 29 September 2022 resmi dibuka oleh oleh Kepala Disperkim , Irvan Wahyu Drajad dan Kepala Disbudparpora Wiwiek Widayati.

Pameran arsitektur yang menyusung tema Diagram Pesisir ini berkolaborasi dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) wilayah Jawa Timur, Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) serta beberapa kampus seperti ITS, UPN dan UNTAG dan juga Komunitas Foto Fujifilm.

Masyarakat yang hadir pada pameran tersebut diajak untuk mengingat kembali kawasan wilayah pesisir yang ada di Surabaya seperti Sontoh Laut, Kalimas, dan Kenjeran.

Acara ini digelar dengan harapan potensi kawassan pesisir pantai Surabaya dapat diketahui oleh masyarakat. Karna sejatinya, kawasan pesisir Surabaya menyimpan potensi luar biasa tidak hanya potensi wisata namun juga potensi ekonomi dan ekologis.

“Kita dariPemerintah Kota sudah mulai pelan-pelan untuk mengembangkan pariwisata di Kota Surabaya termasuk di daerah Pesisir” kata Wiwiek Widayati dalam keynote speech-nya (29/9)

Pameran yang memamerkan 30 karya rancangan masterplan bertema pesisir tidak hanya dari IAI dan IALI, namun juga karya masterplan para mahasiswa akademisi, karya submisi se-Indonesia dan hasil karya sayembara desain pembangunan Sontoh laut.

Jika diketahui, pada tahun lalu 2021 pemkot membuka sayembara terbuka kepada masyarakat kota Surabaya untuk berpartisipasi dalam menciptakan rancangan desain arsitektur pembangunan wisata bahari yang ada di Sontoh laut Surabaya. Karya 6 besar masterplan tersebut ikut dipamerkan pada acara ini.

Baca Juga :   Wisata Malang Terbaru Milenial Glow Garden Jatim Park 3: Surga Bagi Pecinta Foto, Penuh Atrakri Seru

Tujuan dipamerkannya juga 6 karya besar masterplan Sontoh laut, agar masyarakat dapat mengetahui danjuga ikut terlibat dalam atensinya untuk menyampaikan kritik dan saran pada rancangan pembangunan wisata bahari yang ada di Jalan greges kecamatan asemrowo Surabaya tersebut.

“Pameran ini diharapkan bukan hanya memamerkan hasil karya dari Sayembara Ampel atau SontohLaut, namun juga masyarakat dapat memberikan kritik saran dan aspirasi bagaimana penataan desain yang bagus untuk pengembangan Kota”. Jelas Irvan Wahyu Drajad dalam penyampainnya di pembukaan acara Diagram pesisir.

Acara pameran yan digelar 4 hari mulai dari tanggal 29 september -2 oktober, dapat dikunjungi gratis dan juga terdapat beberpa program kegiatan yang diikuti seperti talkshow dengan praktisi akademisi dan bedah karya masterplan. (mg5.gat)


Artikel ini bersumber dari : www.harianbhirawa.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *