Majukan Wisata Kota Palembang, Pemkot Palembang kembali Galakkan Kampung Kreatif di Setiap Kecamatan

Diposting pada

PALEMBANG – Sebanyak 18 kecamatan dalam wilayah kota Palembang resmi memiliki kampung kreatif yang menonjolkan berbagai keunggulan berbeda beda disetiap kecamatannya.

Keberadaan kampung kreatif ini, diharapkan setiap kecamatan nantinya bisa ikut memajukan dunia pariwisata di kota Palembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa mengatakan, setiap kecamatan memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Bahkan, lanjut dia, ada pula yang memiliki keunggulan yang merubah wilayah mereka yang menjadi potensi wisata baru.

“Ya, tadi ada 17 sektor ekonomi kreatif untuk melakukan pembangunan perekomian di sektor tersebut,” kata Ratu Dewa, saat penyerahan.penghargaan kampung kreatif kota Palembang tahun 2022, Kamis (29/9/2022) di Hotel Beston Palembang.

Untuk diketahui, pemenang lomba kampung kreatif yang digalakkan sejak tahun 2020 lalu ini resmi diumumkan. Di mana Peringkat satu, yakni kecamatan Seberang Ulu (SU) 1 yang menonjolkan kampung kreatif kampung anyaman.

Juara kedua dari kecamatan Ilir Timur (IT) 3, dan ketiga kecamatan Plaju.

Sedangkan untuk Juara harapan 1 diraih kecamatan IT 1, Harapan ke 2 Bukit Kecil dan Harapan ke 3 kecamatan Kalidoni.

Dewa menambahkan, program untuk memperbanyak pundi pundi wisata baru di kota tertua di Indonesia ini telah digalakkan sejak tahun 2020 lalu, hanya saja sempat tertunda karena Covid 19.

“Maka dari itu moment ini jangan dijadikan acara seremonial saja, namun harus berkelanjutan. Saya harapkan melalui ajang tersebut jangan dijadikan sebuah kemenangan, harus menjadikan sebuah perubahan disuatu daerah mereka,” ungkapnya.

Dewa berharap, lomba kampung kreatif ini harus menjadi sebuah gerbang terbuka untuk menjadikan perekonomian kota Palembang semakin baik lagi dari waktu-ke waktu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan memicu bermunculannya tataan kegiatan sehari-hari yang berubah menjadi bentuk usaha kreatif mayoritas masyarakatnya dalam menggerakan ekonomi masyarakat setempat,” tegasnya.

Baca Juga :   Terima Menteri Perdagangan Kanada, Wamenag Promosikan Produk Halal Indonesia

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Sulaiman Amin mengatakan, bahwa tujuan dari program Kampung Kreatif ini adalah membangun perekonomian masyarakat lokal melalui pengembangan usaha kreatif, yang di dalamnya terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif antara lain, seperti Aplikasi Pengembangan Permainan, Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fesyen, Film animasi, dan video, Fotografi, Kerajinan Tangan (Kriya), Kuliner, Musik, Penerbitan, Periklanan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, serta TV dan Radio.

“Kampung Kreatif merupakan suatu area tempat tinggal di mana penduduknya memiliki daya cipta dan inovasi-inovasi yang baru yang dapat memajukan dan memberikan nilai lebih pada area tempat tinggalnya,” jelasnya.

Dikatakannya, sslama pelaksanaan kegiatan kampung kreatif ini terdapat intervensi ruang kegiatan sehari-hari untuk mewadahi beragam bentuk kegiatan wisata kampung kreatif serta munculnya tempat-tempat industri rumahan.

“Pengrajin cinderamata dan hadirnya fasilitas-fasilitas baru pendukung kegiatan wisata,” pungkasnya. (Red)

Editor: Donni

Artikel ini bersumber dari : sumateranews.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *