Makanan Kuliner Jenis Soto dari Berbagai Daerah di Nusantara, Nomor 3 dan 4 Bikin Ketagihan

Diposting pada

Soto (Sumber: instagram Amelia_home_kitchen)

Sigijateng.id – Bagi anda para pecinta kuliner Nusantara pasti tidak asing dengan makanan berkuah bernama soto. Nasi yang dipadukan dengan daging, bahan-bahan dan kuah yang kaya rasa pasti sangat memanjakan lidah sekaligus mengenyangkan perut ya.

Indonesia sendiri memiliki beraneka ragam jenis soto dari berbagai daerah yang tentunya setiap soto memiliki ciri khas baik dari bumbu yang digunakan, bahan pelengkap soto dan rasa yang pasti berbeda. Berikut ini aneka soto yang wajib anda coba jika berkunjung ke daerah-daerah di Nusantara!

  1. Soto Lamongan.

foto: Instagram/@sotolamonganmbakmar

Yang pertama adalah soto Lamongan. Seperti namanya, soto ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto ini adalah satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya. Bumbu koya adalah bumbu yang terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan. Sudah terbayang kan gurihnya soto ini?

  1. Soto Betawi.

foto: Instagram/@a_little_bubu

Soto Betawi adalah soto yang memiliki campuran susu di dalamnya, sehingga membuat kuah pada soto ini gurih. Aroma cengkeh dan pala pada soto betawi membuat aromanya semakin nikmat. Biasanya soto ini disajikan bersama paru, acar mentimun, dan emping sebagai bahan pelengkapnya.

  1. Soto lenthok.

foto: Instagram/@vhe.veronica

Soto lenthok ini berasal dari kota Yogyakarta. Lenthok memiliki arti singkong. Di mana soto ini terbuat dari singkong yang diberi bumbu, dibentuk menjadi bulat, lalu digoreng. Soto ini memiliki rasa gurih dan cocok dimakan di siang hari.

  1. Soto Kudus.

foto: Instagram/@afterworking

Ya, sesuai namanya, soto ini berasal dari kota Kudus. Uniknya, penyajian dari soto ini menggunakan mangkuk kecil. Setiap satu porsinya terdiri tauge, kol, dan daging. Sebagai bahan pelengkapnya, terdapat bawang goreng, seledri, dan irisan ayam.

  1. Soto Banjar.

foto: Instagram/@dapoersikoko

Soto yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan ini terdiri dari daging ayam dan bahan pelengkap seperti telur dan perkedel. Jika biasanya kamu makan soto dengan nasi, soto banjar disajikan bersama lontong.

  1. Soto Makassar.
Baca Juga :   10 Kuliner Khas Jateng yang Unik Santapan Wajib saat Wisata

foto: Instagram/@surabayafoodies

Soto ini lebih dikenal dengan sebutan coto. Soto yang berasal dari Makassar ini memang dikenal enak karena rasa gurihnya dan isian dari soto, yaitu jeroan daging sapi. Rempah yang kuat membuat cita rasa dari coto ini sangat nikmat.

  1. Soto Surabaya.
Soto (Sumber: instagram Amelia_home_kitchen)

foto: Instagram/@masakjajan

Soto yang berasal dari Surabaya ini sering disebut juga soto ambengan Surabaya. Soto ini terdiri dari irisan ayam suwir dan bahan pelengkap lainnya. Bumbu yang pekat karena campuran koya membuat rasanya gurih dan nikmat.

  1. Soto Sokaraja.

foto: Instagram/@makankeliling

Soto sokaraja berasal dari kota Banyumas, Jawa tengah. Soto ini memiliki ciri khas, yaitu terdiri dari ketupat yang disiram dengan sambal kacang atau bumbu kacang. Di dalam soto tersebut terdapat irisan ayam yang sebelumnya sudah digoreng dan direbus.

  1. Soto Medan.

foto: Instagram/@fen.z

Kini beralih ke pulau Sumatera. Soto ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Soto ini memiliki ciri khas kuah yang berwarna kekuning-kuningan. Terdiri dari irisan daging ayam, telur rebus, dan kentang goreng yang dicampur dengan kuah santan beraroma serai.

  1. Soto Padang.

foto: Instagram/@foodgallerybdg

Masih di pulau yang sama, soto ini berasal dari kota Padang. Nggak cuma nasinya yang dikenal enak, soto dari Padang ini juga gak kalah nikmat lho. Terdiri dari daging sapi, soto ini juga terbuat dari kuah kaldu sapi. Berbeda dengan kuah soto yang berasal dari Medan, soto ini memiliki kuah lebih bening.

  1. Soto Kebumen.

foto: Instagram/@erfancorner

Soto ini cukup berbeda dari soto lain, karena di dalamnya terdiri dari tauge, potongan kupat dan daging. Uniknya, soto ini hanya ada di pantai Petanahan, Kebumen. Saat kamu sedang mampir ke pantai tersebut nggak ada salahnya untuk mencoba lho.

  1. Soto Pacitan.
Baca Juga :   2 Resep Ayam Bumbu Asem Jawa, Kuliner Khas Jawa Tengah yang Bisa Dicoba di Rumah

foto: Instagram/@mascclink_kulineran

Kota Pacitan, Jawa Timur memiliki soto dengan ciri khasnya sendiri. Memiliki kuah yang tidak mmemakai santan, soto ini juga cukup unik karena terdiri dari kacang goreng, bawang goreng, seledri, telur rebus, dan kecambah Jawa.

  1. Soto Madura

foto: Instagram/@dhilasina

Soto ini memiliki ciri seperti soto pada umumnya. Terdiri dari daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, soto ini akan terasa nikmat jika disantap dengan makanan pelengkap seperti paru sapi, usus, dan babat.

  1. Soto Bandung.

foto: Instagram/@bundakz

Soto yang berasal dari Bandung, Jawa Barat ini memiliki ciri khas kuahnya yang bening dengan bahan utamanya yaitu lobak. Selain lobak, soto ini juga terdiri dari irisan tomat.

  1. Soto mie Bogor.

foto: Instagram/@andinskitchen

Masih di provinsi Jawa Barat, soto yang berasal dari kota Bogor ini menggunakan mi sebagai bahan utamanya. Jika sekilas dilihat, penampilan dari soto ini seperti mie rebus. Soto ini juga dilengkapi dengan babat, kaki sapi, dan risoles.

  1. Soto kwali.

foto: Instagram/@yukmakan.channel

Yang terakhir adalah soto kwali. Soto ini berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Selain dikenal dengan nasi liwetnya yang enak, soto ini juga nggak kalah nikmat lho. Hampir sama dengan ciri soto lain yang terdiri dari daging sapi, tauge, seledri, dan sebagainya. Uniknya, soto ini disajikan dengan mangkuk mungil.

Bagaimana? Sungguh terlihat sedap sekali bukan. Jika anda belum sempat berkunjung ke tempat asal soto kesukaan, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba memasaknya sendiri. (Akhida)

Baca Berita Lainnya


Artikel ini bersumber dari : sigijateng.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *