Melenggang ke NTT, Salah Satu Syiar Islam yang Dilakukan UIN KHAS Jember

Diposting pada

TIMESINDONESIA, JEMBER – Guna memperluas syiar Islam yang rahmatan lil alamin, UIN KHAS Jember akan melenggang untuk bekerjasama dengan Kanwil Kemenag dan segenap rektor di NTT.

Hal tersebut diungkap Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Babun Suharto dalam acara Wisuda Sarjana ke 49, Pascsarjana ke 31, dan Doktor ke 17, beberapa waktu lalu. 

Menurut Prof Babun, sasarannya kali ini adalah NTT yang mayoritas penduduknya non muslim. Kendati sebagai perguruan tinggi keagamaan, hal tersebut bukanlah suatu penghambat melainkan tantangan baru untuk menyelaraskan visi dan misi UIN KHAS Jember. 

“Kami akan merekrut mahasiswa non muslim dan tidak ada salahnya Perguruan Tinggi UIN KHAS merekrut mahasiswa non muslim,” ujar Prof Babun.

“Mereka (Mahasiswa non Muslim) tidak perlu mengubah identitas, hanya saja wajib mengikuti ketentuan Ma’had,” tutupnya.

Rancangan tersebut disampaikan Rektor dihadapan 755 wisudawan yang diantaranya diikuti oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lumajang, Dr. Muhammad Muslim sebagai wisudawan program Doktor. 

wisuda.jpg

Selain Muslim, M. Syafiq Syauqi Ketua PW GP Ansor Jawa Timur, beserta wakilnya, Habib Mahdi Kherid, juga tengah khidmat mengikuti prosesi wisuda. Keduanya diwisuda, usai menempuh Program Pascasrjana di UIN KHAS Jember.

Untuk diketahui, wisudawan terbaik pada program Sarjana, diraih oleh Sadbah Dalimarta. Mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ini berasal dari Situbondo, dengan perolehan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) mencapai 3,91.

Pada Program Pascasarjana Magister diraih oleh Fika Hidayatul Maula asal kelahiran Lumajang, dengan perolehan IPK sebesar 3,93.

Dengan IPK yang sama, wisudawan terbaik pada Program Doktor diraih oleh mahasiswi asal kelahiran Banyuwangi, yakni Hesthi Priyambodo.

Turut hadir pada gelaran wisuda kali ini, Dewan Penasehat Badan Layanan Umum (BLU) UIN KHAS Jember, HM Arum Sabil dan Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin selaku Rektor UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. (*)

Baca Juga :   Mengenal Industri Batik di Bali

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


Artikel ini bersumber dari : www.timesindonesia.co.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *