Melihat Lebih Dekat Dugong yang Hampir Punah di Selat Pantai Alor

Diposting pada

Minggu, 28 Agustus 2022 – 11:25 WIB

VIVA Lifestyle – Dugong menjadi salah satu hewan mamalia yang hampir punah. Namun, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih memiliki wisata untuk melihat Dugong. Wisatawan bisa melihat Dugong ini di Pantai Mali, Teluk Kabola, Selat Pantar. Dugong ini bernama Mawar dan memiliki ukuran kurang lebih 3 meter. 

Penjaga atau Pawang Dugong ini bernama One Simusla. Pak One merupakan seorang perintis konservasi Dugong sejak 2013. Namun, uniknya, Pak One dan Mawar sudah bertemu sejak 1999. Pak One merawat dan melatih Mawar seperti sahabat.

“Saya dan si Mawar (Dugong) sudah bertemu sejak 1999. Waktu itu saat saya sedang melakukan konservasi penanaman mangrove. Sejak saat itu, saya memiliki ikatan batin antar satu sama lain dengan Dugong,” ujarnya, dikutip Minggu 28 Agustus 2022.

Untuk melihat Dugong, wisatawan harus menaiki kapal kecil atau Kano untuk menghampiri dan melihat Dugong. Tempat wisata ini menyediakan tujuh perahu untuk menampung wisatawan dengan kapasitas lima orang dalam satu perahu.

Saat mengunjungi tempat wisata ini, ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan saat mengunjungi Dugong. Seperti, wisatawan tidak diperbolehkan untuk menyentuh atau memegang Dugong, dilarang untuk berenang menghampiri Dugong, tidak boleh buang sampah, dan tidak boleh agresif terhadap Dugong.

Dugong

Faktanya, Dugong di Alor ini memiliki hati yang sensitif dan mudah tersinggung jika ada wisatawan yang menertawakan keberadaannya. Hal ini membuat Dugong akan menjauh dari kapal wisatawan. 

Artikel ini bersumber dari : www.viva.co.id.

Baca Juga :   Habiskan APBN Rp44 Miliar, PUPR Solek Kawasan Kumuh Jadi Tempat Wisata
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *