Mengenal Bus Bandros, Teman Berwisata di Kota Bandung

Diposting pada

Mengenal Bus Bandros, Teman Berwisata di Kota Bandung
Bandung Tour on Bus. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com – Kota Bandung selama ini dikenal sebagai salah satu magnet pariwisata di pulau Jawa. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemui seperti kuliner, fashion sampai hiburan. Salah satu sarana yang bisa dipakai untuk menjangkau setiap sudut Kota Bandung itu adalah Bus Bandung Tour on the Bus alias Bandros.

Bus wisata kota ini terbilang unik, karena memiliki bentuk klasik ala trem medio 1950 an. Di sini penumpang bisa merasakan sensasi berkeliling Kota Bandung dengan santai tanpa harus bermacet-macetan.

Terdapat perbedaan warna dari Bus Bandros seperti merah, merah jambu, kuning, biru, hijau sampai ungu yang masing-masingnya menunjukkan identitas rute di ibu kota Provinsi Jawa Barat itu. Mengutip dari ragam sumber, Selasa (11/10) berikut informasi selengkapnya.

2 dari 5 halaman

Beda Warna Beda Rute

bandung tour on bus

Bandung Tour on Bus (Bus Bandros)©2021 Merdeka.com

Mengutip laman Pemkot Bandung, Bandros yang dicat berwarna-warni itu akan melayani penumpang hingga lima rute, seperti Bandros berwarna biru akan berkeliling dari Alun-Alun Bandung, Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu. Sedangkan Bandros Kuning akan melewati rute Lapangan Gasibu, Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-Alun Bandung, dan Braga.

Kemudian Bandros Ungu akan melewati rute Gasibu, Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, dan Pusdai. Lain lagi dengan rute Bandros Hijau yang akan membawa wisatawan melewati Chinatown, Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, dan GOR Padjadjaran.

Selanjutnya Bandros Merah Muda akan melewati Gasibu, Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, hingga Taman Budaya. Sedangkan Bandros yang hitam khusus untuk tamu pemerintahan yang datang ke Kota Bandung.

Baca Juga :   Fasad Boxy Asimetris untuk Rumah Hook

3 dari 5 halaman

Belajar Tentang Bandung

Untuk menambah daya tarik, terdapat petugas di dalam Bus Bandros yang akan mendampingi para wisatawan termasuk memberikan informasi seputar sejarah lokasi yang dilalui, termasuk budaya dari Kota Bandung.

Seperti dirujuk dari kanal YouTube Jalan-Jalan, saat salah satu Bus Bandros melewati rute Jalan Banceuy, petugas di sana mengatakan bahwa lokasi tersebut dahulunya merupakan pemukiman dari warga yang memiliki kuda.

“Dulu itu kawasan Banceuy ini terdapat pemukiman, di mana orang-orangnya mengurusi kuda. Dan dahulu warga Kota Bandung menggunakannya sebagai alat transportasi, seperti mobil dan motor di zaman sekarang” kata petugas di Bus Bandros

4 dari 5 halaman

Sejarah Bus Bandros

Dilansir dari ANTARA, geliat Bus Bandros sendiri dimulai pada tahun 2014 lalu. Ketika itu salah satu bank swasta nasional memberikan bantuan CSR beberapa unit bus untuk menunjang pariwisata di kota kembang.

Kemudian di tahun 2015, Pemerintah Kota Bandung melalui Wali Kota Ridwan Kamil menambah sebanyak 12 unit Bus Bandros melalui anggaran APBD Kota Bandung sebesar Rp12,4 miliar

Ketika itu bus tersebut dioperasikan dengan pool di kawasan Alun Alun Bandung dan di Taman Lansia Jalan Citarum Kota Bandung dan membantu kegiatan wisata dari pelancong lokal maupun mancanegara.

Penggunaan nama Bandros sendiri mengacu pada kudapan tradisional khas kota kembang bernama kue bandros. Kue itu memiliki cita rasa yang manis dan gurih, sehingga menarik perhatian masyarakat terutama wisatawan.

5 dari 5 halaman

Harga Tiket Bus Bandros

bandung tour on bus

Bandung Tour on Bus (Bus Bandros)©2021 Merdeka.com

Bus Bandros sendiri memiliki kapasitas hingga 60 orang, dengan ukuran layaknya bus sedang. Keunggulannya, Bus Bandros memiliki dua lantai yang bagian atasnya terbuka. Pengunjung bisa menikmati suasana kota dengan menarik.

Baca Juga :   Tempat Wisata di Kota Bandung Populer dan Instagramable, Lengkap dengan Harga Tiket

Untuk tiketnya, pengguna cukup mengeluarkan uang Rp 20 ribu dalam sekali trip dan Rp 40 ribu untuk multiple trip, dengan jam operasi mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Selain itu, Bandros juga diharapkan menjadi solusi kemacetan saat hari libur karena wisatawan luar kota bisa menjangkau tempat-tempat ikonik hingga wisata di Bandung tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi yang bisa disimpan di hotel.

 

[nrd]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *