Mengenal Kain Cual, Pakaian Kaum Bangsawan Bangka Belitung Zaman Dulu

Diposting pada

Awal bulan Oktober, tepatnya tanggal 2 selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Untuk memperingati hari tersebut, biasanya banyak orang mengenakan pakaian yang terbuat dari kain batik. 

Batik sendiri merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Terdapat berbagai warna dan motif kain batik sesuai dengan daerah yang ada di Indonesia. Misalnya, batik cual atau kain cual khas Bangka Belitung yang punya motif berbeda dengan batik khas Jawa. 

Nah, seperti apa motif batik cual khas Bangka Belitung ini? Yuk, simak informasi mengenai batik cual atau kain cual dari provinsi yang dikenal sebagai penghasil timah dan lada putih berikut ini. 

Hanya Punya 2 Motif




Kain cual khas Bangka Belitung
Kain cual/Foto: instagram.com/batik_cual

Sama seperti kain batik dari daerah lain, batik cual atau kain cual dari Bangka Belitung juga memiliki motif yang menjadi ciri khas dari provinsi penghasil timah dan lada putih ini. Ada dua motif yang dimiliki oleh kain ini, yaitu flora (tumbuh-tumbuhan, bunga) dan fauna (hewan). Contohnya, motif kembang gajah, burung hong, dan masih banyak lagi. 

Motif pada kain cual ini nggak hanya sebagai hiasan atau ciri khas Bangka Belitung saja, tapi juga mengandung makna yang mendalam. Misalnya, motif bunga yang mencerminkan kesucian, keanggunan, rezeki, dan kebaikan, atau motif bebek yang mencerminkan persatuan dan kesatuan. 

Dilansir dari laman Badan Penghubung Provinsi Kep. Bangka Belitung, ada beberapa motif kain cual yang sudah mendapat hak paten dari pemerintah, antara lain Gajah Mada, Kembang Sumping, Merak, Kucing tidur, Burung Hong, Bunga Cina, Kembang Setangkai, dan motif lainnya. 

Baca Juga :   Jokowi Puji Bangka Belitung, Wisatawan dan Pejabat di Intruksikan Untuk Wisata ke Babel dan Pemprov Dapat Tambahan Anggaran Rp.10,81 Miliyar

Hanya Dikenakan oleh Bangsawan




Batik cual adalah kain khas Bangka Belitung
batik cual Bangka Belitung/Foto: instagram.com/ishadicual

Dahulu, kain cual ini hanya dikenakan oleh kaum bangsawan yang tinggal di Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Penggunaannya pun hanya untuk keperluan pribadi saja, seperti hantaran untuk pengantin atau mahar, bukan untuk diperjualbelikan. 

Seiring berjalannya waktu, kain cual ini pun akhirnya diperkenalkan ke masyarakat luas. Bahkan, kain cual yang aslinya adalah kain tenun songket juga dimodifikasi menjadi kain batik agar bisa digunakan sehari-hari oleh masyarakat luas. 

Kini, batik cual menjadi salah satu seragam yang harus dikenakan oleh pegawai negeri sipil (PNS) setiap hari Jumat sebagai salah satu cara melestarikan sekaligus mempromosikan batik khas Bangka Belitung ini. 

Didominasi Warna Merah dan Emas

Sebelum tersedia dalam berbagai pilihan warna, dulunya kain cual didominasi oleh warna  merah buah rukam dan benang emas. Benang ini biasanya digunakan untuk membentuk corak pada kain tersebut. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(raf/raf)


Artikel ini bersumber dari : www.beautynesia.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *