Mengenal Keindahan Alam dan Tempat Wisata di Labuan Bajo Halaman all

Diposting pada

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com – Labuan Bajo merupakan surga tersembunyi di Indonesia bagian timur. Desa ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tempat wisata ini berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat (NTB), dan dipisahkan oleh Selat Sape. Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas yang tengah dikembangkan Pemerintah Indonesia.

Melihat pemandangan langit senja merupakan cara lain untuk menikmati Labuan Bajo. Spot ini berada tak jauh dari Bandar Udara Internasional Komodo.

Selain itu, ada pula Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia sebagai tempat favorit untuk mengabadikan langit senja. Ada juga Gua Rangko dengan pesona kolam air asinnya yang menyejukkan.

Salah satu alasan mengapa Labuan Bajo mendunia, karena keberadaan Taman Nasional Komodo yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Keindahan alam dan satwa purba yang hanya ditemukan di Indonesia ini menjadi daya tarik wisatawan. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai Labuan Bajo:

Baca juga: 5 Obyek Wisata di Kota Jambi

Labuan Bajo merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat. Secara geografis, tempat wisata ini memiliki letak yang sangat strategis. Karena berada di bagian barat Pulau Flores, sehingga dikenal sebagai pintu gerbang barat wisata Pulau Flores.

Masyarakat Kabupaten Manggarai Barat terdiri dari beragam suku, termasuk suku Manggari, Bajo, dan lainnya. Sementara di Labuan Bajo, mayoritas penduduknya berasal dari suku Bajo. 

Penduduk NTT berasal dari berbagai suku. Sedangkan wilayah Labuan Bajo, dihuni oleh orang-orang suku Bajo.

Masyarakat Labuan Bajo memiliki budaya yang menarik, seperti tradisi kepok, sejenis sambutan selamat datang.

Dalam tradisi ini, rombongan wisatawan yang datang akan disambut warga setempat menggunakan pakaian tradisional.

Baca Juga :   Para Pemacu Motor Trail Bakal Disuguhi Jajanan Khas Sumbawa

Wilayah Manggarai memiliki kain khas bernama songket. Kain ini memiliki beraneka ragam motif dengan makna yang berbeda.

Baca juga: Tempat Wisata Menarik dan Unik di Provinsi Jambi

Dari segi kulinernya, Labuan Bajo memiliki banyak makanan khas yang lezat. Contohnya Kalo, sejenis nasi bakar yang diberi lauk berupa ikan dan rumpu rampe. Selain itu, ada pula sei, yakni daging sapi asap yang disantap dengan sambal.

Ilustrasi pulau Komodocanva.com Ilustrasi pulau Komodo

Keajaiban alam di Labuan Bajo, NTT, menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Indonesia bahkan dunia. Berikut beberapa destinasi wisata yang ada di Labuan Bajo:

Pulau ini dikenal karena memiliki kadal purba yang hidup bebas dan berkeliaran. Pulau Komodo diakui sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Selain itu, Pulau Komodo juga ditetapkan sebagai bagian dari tujuan keajaiban dunia New 7 Wonders of Nature.

Adalah tempat terakhir dari agenda Sail Komodo (rangkaian kegiatan bahari internasional). Pulau ini bisa diakses menggunakan speed boat dari Labuan Bajo.

Baca juga: Komodo, Hewan Asli Indonesia yang Dilindungi

Merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Labuan Bajo. Kehidupan bawah lautnya benar-benar memikat wisatawan yang senang berenang dan menyelam.

Tempat wisata ini relatif dekat dengan Labuan Bajo. Pulau Rinca biasanya menjadi tempat pertama yang dikunjungi wisatawan.

Tempat terpopuler di Pulau Rinca adalah gunung dengan ketinggian 670 meter di atas permukaan laut. Pemandangan sekeliling Flores dapat terlihat saat berada di pulau ini.

Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan foto udara Pantai Merah alias Pink Beach di Nusa Tenggara Timur. ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Foto dirilis Minggu (4/7/2021), memperlihatkan foto udara Pantai Merah alias Pink Beach di Nusa Tenggara Timur.

Merupakan pantai dengan pasir warna merah muda, dan bukan hitam atau putih seperti pasir pantai kebanyakan.

Baca Juga :   887 Personil Gabungan Diterjunkan Amankan Pilkades Serentak 15 di Lombok Tengah

Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Gili Laba merupakan pulau kecil yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya.

Adalah area untuk merasakan sensasi berenang bersama manta atau ikan pari raksasa.

Baca juga: Keadaan Alam Indonesia

Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam indah dan romantis. Bukit berbentuk setengah lingkaran ini berbatasan langsung dengan laut. Suasananya makin romantis saat menjelang matahari terbenam.

Merupakan gua eksotik yang dihiasi batu dan stalaktit yang tidak begitu tajam. Gua ini relatif aman diakses wisatawan yang senang melakukan susur gua.

Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Danau Kelimutu.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Nusa Tenggara Timur – Danau Kelimutu.

Merupakan ikon pariwisata Labuan Bajo yang populer sejak lama. Tiga danau di kawasan gunung ini memiliki warna yang dapat berubah pada waktu tertentu.

Keunikan pesona alami di Danau Kelimutu dilengkapi dengan keistimewaan mitos dan legenda setempat.

Air terjun ini berada di dalam Hutan Mbeliling yang memiliki ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut. Sekilas, air terjun ini mirip Green Canyon karena warna airnya yang serupa.

Adalah desa eksotik yang di tengah pegunungan, sehingga benar-benar terasa sejuk.

Baca juga: Apa Saja Kenampakan Alam di Indonesia?

Biasanya digelar pada bulan Februari hingga Maret. Festival kebudayaan ini biasanya menampilkan beragam kesenian tradisional Flores.

Adalah gua dengan lubang di bagian atasnya sebagai tempat masuknya sinar matahari. Sinar tersebut akan dipantulkan ke permukaan air dalam gua, dan  bayangan air seperti cermin.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : www.kompas.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *