Mengenal Keragaman Kuliner dan Kopi Nusantara di Festival Sentra Primer Barat

Jakarta: Festival Sentra Primer Barat berlangsung meriah. Acara yang digelar di Parkir Timur Puri Indah Mall pada 16-18 September 2022 itu melibatkan UMKM di bidang craft, fashion hingga kuliner yang ada di Jakarta Barat.

Acara yang digelar oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat ini memang berupaya melestarikan serta mempromosikan Kawasan Sentra Primer Barat yang berada di area seluas 135 hektar.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah kepada pelaku UMKM dan mempromoasikan destinasi pariwisata yang ada di wilayah Jakarta Barat, serta meng-edukasi masyarakat mengenai keaneragaman yang ada di wilayah Jakarta Barat,” kata Yani Wahyu Purwoko, Wali Kota Jakarta Barat.

Di Festival Sentra Primer Barat pengunjung bisa melihat keanekaragaman melalui pameran destinasi wisata produk ekonomi kreatif, keragaman kuliner, dan kopi-kopi unggulan dari Indonesia. Festival ini menjadi kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk melebarkan sayapnya agar lebih dikenal luas.

“Diharapkan dapat berdampak terhadap perkembangan usahanya yang sedang dirintis. Acara ini dimaksudkan juga untuk menguatkan dan memotivasi peserta bazar untuk terus mengembangkan produk -produk khas Jakarta melalui usaha yang sedang dirintis, terutama pada masa pandemi,” jelasnya.

Festival Sentra Primer Barat juga mengadakan lomba Manual Brewing yang diikuti 48 peserta. Ada juga lomba memasak yang diikuti 10 grup dan lomba dekorasi dan kreasi stand pameran antar kecamatan.

Ikut hadir Chef Sudarius Tjahja  yang merupakan seorang chef berpengalaman dan pernah jadi chef profesional di berbagai hotel bintang dalam dan luar negeri. Tidak ketinggalan workshop barista dari Raden Deril Juniar yakni seorang consultant coffee dan beverages berpengalaman, memegang sertifikasi naisonal dan menjuarai berbagai kejuaraan coffee.

Tak ketinggalan pameran foto dan mural art serta penampilan pertunjukan kesenian tradisonal khas Jakarta dan modern. Sejumlah pengisi acara ada Tradahan, Sueb Band, Pasdar Ska, Gajak Gijik dan Sodok Band.

“Kehadiran masyarakat untuk memeriahkan acara Festival Sentra Primer Barat tentunya berdampak terhadap perkembangan ekonomi kreatif pelaku usaha UMKM. Sehingga acara ini diharapkan bisa memutar roda perekonomian warga,” tutup Yani.

 
(ELG)

Artikel ini bersumber dari : m.medcom.id.

Tinggalkan komentar