Mengenal Makanan Khas Sambas Kalimantan Barat dengan Konsep Peranakan, Penasaran? : Okezone Lifestyle

Diposting pada

JAKARTA kerap dianggap sebagai surganya kuliner. Apa yang Anda mau makan, hampir semua ada di sana, termasuk makanan khas Sambas, Kalimantan Barat. Makanan ini bisa Anda cicipi di kawasan pusat kuliner Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Kuliner khas Sambas banyak terpengaruh dari China. Makanya, menu-menunya terkesan mirip dengan makanan China, walau tentu soal rasa akan ada bedanya. Beda rasa tersebut dikarenakan penggunaan bumbu masakannya. Jadi, unsur lokal dari wilayah Sambas itu sendiri yang kemudian membuat rasa jadi berbeda.

Makanan Khas Sambas

Nah, Direktur Utama Kopi Ko Acung Kenneth Kuwantto menyebut, salah satu menu otentik Sambas, Kalimantan Barat, yang layak dicoba adalah Sop Singkong Kuah Sapi. Menurutnya, sop ini sudah ada sejak lintas generasi.

“Menu tersebut adalah resep tradisi turun-temurun keluarga kami dari banyak generasi,” kata Kenneth dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/8/2022).

Lantas, apa saja isian dari Sop Singkong khas Sambas tersebut?

Makanan Khas Sambas

Kenneth menerangkan, sop singkong kuah sapi itu berisi misoa, singkong rebus, dengan topping irisan daging sapi, ikan teri, kacang goreng, yang disiram kuah kaldu sapi, serta disajikan dengan perasan jeruk sonkit dan sambal khas Kalimantan,” jelas Kenneth.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

Makanan Khas Sambas

Menu khas Sambas lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah sop ikan teri, kincipan, sate kuah, bubur padas, dan bubur sapi. Tak hanya itu, camilan seperti pisang goreng selai kaya yang terbuat dari pisang asli Kalimantan juga patut dicoba.

Makanan Khas Sambas

Kalau minumannya, yang khas dari Sambas itu ada es jeruk sonkit, es lidah buaya, es soda kitna, termasuk juga minuman Badak yang melegenda. Kopi origin pun banyak dijumpai di sana.

Baca Juga :   FOTO Oleh-oleh atau Jajanan Khas Desa Mohong Sawang Kabupaten Sangihe

“Sekalipun makanan khas Sambas ter-influence dari China, tapi ada juga restoran yang halal, sehingga yang tidak makan B2 atau pork dan lard aman mengonsumsinya,” tambah Kenneth.

Artikel ini bersumber dari : lifestyle.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *