Mengenal ragam kuliner khas Betawi

Diposting pada

JAKARTA, STRATEGINEWS.co – Kekayaan kuliner Nusantara, telah diakui dunia. Banyak turis asing sengaja datang ke Indonesia, untuk menikmati lezatnya kuliner nusantara.

Seperti halnya daerah lain di Indonesia, Betawi [Jakarta] juga memiliki kekayaan kuliner. Ada beberapa makanan khas Betawi yang wajib dicicipi, saat Anda berkunjung ke Jakarta.

Makanan khas Betawi ini, menonjolkan rempah yang menjadi ciri dari makanan khas Indonesia.

Berikut rekomendasi makanan khas Betawi yang wajib dicicipi

Soto Betawi

Seperti kita ketahui, soto merupakan makanan yang tidak asing lagi di masyarakat. Hampir setiap daerah memiliki khas makanan jenis soto ini. Namun, soto khas Jakarta ini, berbeda dari soto daerah lain.

Soto Betawi terbuat dari bahan-bahan jeroan sapi yang dicampur kuah santan dan susu. Kuah santan dan susu inilah yang menjadi pembeda dengan makanan soto dari daerah lain. Meski berlemak, namun makanan ini tetap nikmat disantap, karena ada campuran bumbu rempah.

Dijamin maknyussss rasanya….

Soto Betawi (ft. dok piknikdong}

Nasi Kebuli

Jika kita membicarakan nasi kebuli, langsung fikiran kita beranggapan bahwa nasi kebuli merupakan makanan khas yang berasal dari Timur Tengah. Namun ternyata, nasi kebuli merupakan makanan khas Betawi.

Nasi kebuli memang perpaduan antara makanan Indonesia dengan cita rasa Arab, sehingga populer di kalangan masyarakat Betawi keturunan Arab.

Nasi kebuli, sangat kaya dengan rempah, karena dimasak dengan berbagai bumbu dengan aroma rempah yang kuat. Yang menjadi ciri khas makanan ini, yakni penggunaan kaldu kambing, susu kambing dan santan, sehingga memunculkan rasa gurih.

Nasi kebuli [ ft. okezone ]

Nasi Uduk

Makanan khas Betawi lainnya yang tak kalah populer adalah nasi uduk. Makanan ini bisa kita jumpai dimana saja.  Sebenarnya, nasi gurih dengan beragam lauk ini berasal dari daerah Betawi. Yang membedakan yaitu rasa nasinya yang gurih.

Baca Juga :   Menparekraf: Desa Wisata Undisan Bali Bisa Jadi Inspirasi Daerah Lain

Rasa gurih ini diperoleh dari santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai yang ikut dicampurkan bersama beras saat memasak nasi.

Untuk menggugah selera, biasanya nasi uduk disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tempe kering, telur goreng, dan sambal serta taburan bawang goreng yang membuat makanan ini semakin lezat.  

Nasi uduk [ ft. resepistimewa.com ]

Penasaran? mari kunjungi Jakarta, dan nikmati kelezatan kuliner khas Betawi. Dijamin maknyussss….

[dul/red]

Artikel ini bersumber dari : strateginews.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *