Mengintip Wahana Alam Parung Tasikmalaya, Destinasi Wisata Favorit Komunitas

Diposting pada

Uniknya, setiap kolam memiliki wahana atau permainan air tersendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Membahas potensi wisata di Bumi Pasundan memang tak ada habisnya. Beragam destinasi terhampar nyata menghiasi wilayah yang kekal akan budaya sundanya. Salah satu yang mencuri perhatian para traveller baru-baru ini adalah Wahana Alam Parung (WAP) yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.


Tasikmalaya yang berdiri kokoh di perbukitan hijau nan sejuk, menjadikan Wahana Alam Parung sebagai primadona baru di Jawa Barat. Wahana Alam Parung kini ramai pengunjung, total sekitar 30 ribu-35 ribu lebih wisatawan datang guna sesaki berbagai wahana setiap pekannya.


Wahana Alam Parung memiliki lahan seluas 4 hektare, fasilitasnya terbilang lengkap mulai dari wahana air, kebun binatang mini, panggung hiburan, karaoke kekuarga, hingga fasilitas olahraga.


Tersedia pula tiga kolam renang berbeda, khusus pengunjung dewasa, anak-anak, dan yang berbentuk cinta (love). Uniknya lagi, setiap kolam memiliki wahana atau permainan air tersendiri. Antara lain perosotan, ember tumpah, dan lainnya.


Sedangkan di kebun binatangnya terdapat beberapa koleksi hewan seperti kakak tua, merak, kuda poni, dan rusa. Ada pula taman kelinci yang menggemaskan.


Untuk mewujudkan wisata lengkap dan ramah, pengelola Wahana Alam Parung terus berinovasi, dengan tambahan spot menarik lainnya yang proses pembangunannya tengah berlangsung.


Wahana Alam Parung yang dibuka sejak 2009 silam didirikan oleh pengusaha berdarah Tasikmalaya yaitu Aji Hidayat, kini telah berkembang pesat dan menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Jawa Barat.


“Sekarang kita sudah punya kolam renang, kemudian play ground, mini zoo, area live music, mini soccer. Nextnya ke depan, kita juga sedang membuat dua kolam renang, disneyland, balon udara, ada flying fox, sepeda udara. Dan kita ingin melakukan terobosan baru, misalnya anak-anak main time zone, main games di mal itu berbiaya tinggi, nanti Wahana Alam Parung akan punya tempat bermain anak yang seperti di kota-kota, jadi warga daerah pun bisa menikmati itu,” menurut pemilik WAP, Aji Hidayat.

Baca Juga :   Wisata Andrenalin Danau Ranau, Rafting hingga Jetsky


Sebagai destinasi wisata modern, Wahana Alam Parung tak hanya difokuskan untuk berburu keceriaan bersama kerabat dan sahabat, karena di WAP ini berbagai fasilitas juga dapat dimanfaatkan sebagai lokasi berbagai acara, semisal resepsi pernikahan, festival musik, reuni akbar, kegiatan komunitas dan sebagainya.


Terbaru, pada 26-27 Agustus 2022 komunitas sepak bola wartawan Jakarta yang bernaung di tim Seejontor FC baru saja menggelar acara bertajuk Tour De’ Jabar, selama dua hari di Wahana Alam Parung yang berada di Jalan Suryalaya – Pageurageung No. 431, Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, itu.


“Tentu kami sangat senang dan sangat menyambut baik pertandingan persahabatan yang akan diselenggarakan antara teman-teman komunitas wartawan Seejontor FC dengan Persib Legend di Wahana Alam Parung Tasikmalaya, ini adalah bentuk silaturahmi yang kita bangun lewat sepak bola,” ujar Atep Rizal yang merupakan mantan kapten Persib Bandung.


Pada hari yang sama, tepatnya pada 27 Agustus 2022. Komunitas mobil Maxxio Priangan Timur melangsungkan hari jadi kelima di Wahana Alam Parung, Tasikmalaya.


Dalam kegiatan bertajuk Anniversary Maxxio Priangan Timur, 1.000 anggota hadir dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat untuk memngikuti rangkaian acara yang telah ditetapkan pihak panitia. Maxxio Priangan Timur sendiri berdiri sejak 26 Agustus 2017.


“Saya selaku Ketua Chapter Maxxio Priangan Timur, sekarang mau mengadakan acara anniversary Maxxio Priangan Timur yang ke-5 di Wahana Alam Parung. Alhamdulillah, saya mencari tempat seluas ini dan se-profesional seperti ini baru menemukan di sini. Saya bilang, Wahana Alam Parung cukup komplot untuk menggelar acara-acara komunitas dan klub mobil khsusunya. Sejauh ini sekitar 1.000 member dari hadir dari wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat untuk memngikuti rangkaian acara,” kata Abah Wastim, Ketua Chapter Maxxio Priangan Timur.


Artikel ini bersumber dari : www.republika.co.id.

Baca Juga :   Penasaran dengan MBS Bumiayu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes Lakukan Kunjungan
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *