Menikmati Ketan Susu Kemayoran, Kuliner Khas yang Dirintis sejak 1958

JAKARTA, KOMPAS.com – Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Jakarta tanpa mencicipi ketan susu atau tansu, kuliner khas Kemayoran. Kedai yang menjual tansu bisa ditemui di Jalan Garuda Ujung, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Usaha kuliner tersebut dirintis oleh Haji Sukrad pada 1958. Awalnya, kuliner legendaris itu bernama ketan kobok.

“Dulu ‘kan namanya ketan kobok karena ketan kasih kobokan. Mulai tahun 2000-an jadi ketan susu karena banyak yang minta pakai susu. Jadilah namanya Ketan Susu Kemayoran,” ujar Imron Rusyadi, salah satu penerus usaha generasi ketiga, saat ditemui Kompas.com, Senin (19/9/2022).

Baca juga: Daya Tarik Kuliner Pasar Ikan Muara Angke, Bisa Pilih Ikan hingga Bakar di Tempat

Kedai yang menjual kuliner legendaris ini tidak pernah sepi pengunjung. Tansu Kemayoran buka selama 24 jam.

Imron mengatakan, biasanya pelanggan ramai saat akhir pekan dan hari libur.

“Kalau hari libur itu dari siang sampai malam ramai terus. Kalau malam Selasa, malam Rabu baru agak nyantai,” tambah Imron, yang sudah bekerja selama tiga belas tahun.

Menu andalan yang disajikan adalah ketan original, ketan kelapa, atau ketan susu. Selain itu, ada beberapa jenis menu gorengan sebagai pelengkap, antara lain pisang goreng, ubi, singkong, dan tempe.

Selain makanan, kedai tersebut juga menyediakan berbagai minuman seperti kopi, teh manis, dan teh poci.

RETNO AYUNINGRUM Ketan Susu Kemayoran yang disajikan dengan teh poci, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2022)

 

Menurut Imron, teh poci yang paling diminati oleh pelanggan. Teh tersebut disajikan dalam teko yang terbuat dari tanah liat.

Baca juga: Sejarah Roti Lauw yang Melegenda, Sudah Ada sejak 1940-an

“Semua rebutan poci. Poci itu istilah jawa. Waskintel. Wangi, sepet, legit, kenthel. Wangi aromanya, sepetnya sepet, legi itu manis, kental tehnya,” tutur dia.

Harga makanan dan minuman yang tersedia di Ketan Susu Kemayoran pun terjangkau. Ketan susu dijual dengan harga Rp 5.000, gorengan Rp 1.000, teh poci Rp 8.000, kopi Rp 3.000, dan teh manis Rp 2.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini bersumber dari : megapolitan.kompas.com.

Tinggalkan komentar