Menkop-UKM Teten Masduki Keliling Buteng, Dihidangkan Kakumbu hingga Lapa-Lapa

Buton Tengah – Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Menkop-UKM), Teten Masduki didampingi Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi melakukan kunjungan di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara, Sabtu (10/9/2022).

Saat agenda makan malam, Teten disajikan berbagai makanan tradisional khas Buteng. Beberapa makanan yang disajikan antara lain makanan tradisional pengganti nasi berbahan dasar jawawut atau kakumbu woto, kakumbu jagung, serta ubi kayu, ubi jalar, keladi, dan lapa-lapa. Selain itu ada beberapa jajanan tradisional juga yang dikenalkan kepada Teten, yaitu kue waje, cucur, teripang, sanggara banda, onde-onde, tuli-tuli, dan dango.

Sebelumnya, saat agenda keliling Buteng, Teten sempat melihat berbagai potensi dari kabupaten yang dijuluki sebagai negeri seribu gua dan diperlihatkan antara lain potensi sumber daya lautnya, UMKM berbasis koperasi, makanan tradisional, hingga potensi pariwisata.

Menkop-UKM, Teten Masduki saat mengunjungi UMKM di Kabupaten Buton Tengah didampingi oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi. Foto: JGS/Frans Patadungan.

Teten dan rombongan gubernur juga mengikuti acara budaya Kamomose di Rumah Jabatan Bupati Buteng, di Kecamatan Lakudo sebelum menikmati hidangan makan malam.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Buteng, Haruni mengatakan, pihaknya mengenalkan beberapa produk unggulan dari Buteng agar pelaku UMKM mendapat perhatian dan motivasi untuk mengembangkan usaha mereka.

“Termasuk makanan yang kami sajikan yang juga makanan pokok dan tradisional masyarakat Buton Tengah sebagai bentuk menjaga warisan budaya dan leluhur kami di masa lampau,” katanya.

Senada dengan itu, Ali Mazi memberikan dukungan kepada UMKM di Kabupaten Buteng dan berharap kunjungan Menkop-UKM dapat membawa keberkahan.

“Kami akan bantu koperasi dan usaha mikro kecil menengah untuk berkembang lebih jauh lagi. Mudah-mudahan kehadiran Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, memberikan keberkahan di Sulawesi Tenggara, khususnya di Buton Tengah,” imbuh Ali Mazi.

Sebenarnya, dalam kunjungannya di Sultra kali ini, Teten Masduki dijadwalkan untuk menghadiri Pameran Usaha Mikro Kecil Menengah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Buteng.



Post Views:
135

Artikel ini bersumber dari : kendariinfo.com.

Tinggalkan komentar