Menu khas Aceh, restoran ini sediakan ayam tangkap cocol sambal ganja

Diposting pada

Jakarta (ANTARA) – Penyuka hidangan khas Aceh kini memiliki pilihan restoran baru dengan makanan Tanah Rencong yang bisa didatangi yang berlokasi di Bendungan Hilir, Jakarta.

Diambil dari bahasa Aceh “Kana” yang artinya “sudah tersedia” dan “bu” yang artinya “nasi”, restoran Kanabu menawarkan ayam tangkap dengan sambal ganja serta kari kambing sebagai salah satu menu andalan. 

 

Sambal ganja di restoran Kanabu, Jakarta (ANTARA/Nanien Yuniar)

Menu yang menjadi andalan adalah ayam tangkap, terdiri dari ayam kampung pejantan dengan daging lembut, ukurannya relatif kecil, digoreng dengan daun koja atau temurui, daun pandan dan aneka rempah.

Daging ayam “tenggelam” di bawah daun-daun yang juga bisa dimakan, jadi konsumen harus “menangkap” alias mencari daging ayam dari tumpukan daun goreng. Kendati demikian, potongan ayam tangkap di restoran ini lumayan besar, satu ekor dibagi menjadi empat bagian, jadi tidak sulit untuk mencarinya di antara daun koja dan daun pandan.

Memakan potongan ayam tangkap lebih pas bila dicocol dengan sambal ganja. Meski namanya demikian, sama sekali tidak ada ganja di dalam bahan-bahannya. Nama ini disematkan lantaran segarnya sambal dengan rasa gurih dan asam yang terdiri dari udang, belimbing wuluh, sereh, daun jeruk ini bikin ketagihan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cocol ayam tangkap dengan sambal ganja di restoran khas Tanah Rencong


Artikel ini bersumber dari : bengkulu.antaranews.com.

Baca Juga :   Pemkab Parigi-IPB bekerja sama latih UMKM membuat gula cair dari Sagu - ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah - ANTARA News Palu, Sulawesi Tengah
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *