Menyaksikan Deretan Keindahan Belitung dengan Tour of Kemala 2022

Liputan6.com, Belitung – Kompetisi bersepeda internasional bertajuk Tour of Kemala 2022 sukses digelar. Kegiatan yang digagas Yayasan Kemala ini memilih Kepulauan Belitung sebagai lokasi kompetisi diikuti peserta lokal maupun mancanegara serta berlangsung tanpa kendala berarti.

Selain itu, perhelatan ini juga memiliki dampak positif bagi pariwisata dan membangkitkan gairah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) setempat.

“Lokasinya pun dipilih karena memiliki keindahan wisata yang tak diragukan lagi. Selain itu, ajang balap sepeda ini turut menumbuh kembangkan UMKM yang ada di Bangka Belitung,” ungkap Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala sekaligus Ketua Pelaksana Tour of Kemala 2022, Winny Agung Budi Maryoto, Sabtu (17/9/2022).

Tour of Kemala 2022 bertemakan “Bersinergi untuk Negeri” ini dirancang dengan standar balap sepeda internasional dan mendapatkan dukungan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).

Tour of Kemala ini diproyeksikan untuk menjadi agenda kegiatan tahunan dan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale), sebagai bagian dari UCI Grandfondo.

“Harapannya, Tour of Kemala 2022 ini bisa menjadi ajang pengembangan sport tourism atau wisata olahraga,” imbuh Winny.

Lebih jauh Winny mengatakan, Bangka Belitung dipilih sebagai tempat ajang perdana kegiatan ini menyusul wilayah tersebut memiliki keindahan alam maupun fauna.

Selain gugus pantainya, Kepulauan Belitung memiliki bebatuan unik sehingga ditetapkan UNESCO sebagai global geopark.

“Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, kegiatan ini bertujuan menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul,” katanya.

Winny juga menyambut gembira dukungan dari Le Minerale sebagai official mineral water di acara ini. Menurutnya, pabrikan air kemasan yang memiliki mineral essensial ini dapat menambahkan semangat peserta yang bertanding dan memastikan asupan air mineral sehat yang diperlukan untuk menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh saat bersepeda.

“Ketika bersepeda cairan tubuh dan mineral akan berkurang. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan air mineral yang mengandung mineral essensial yang dapat menjaga kebugaran tubuh dan memiliki rasa yang segar,” ujar Winny.

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan Kemala, Juliati Sigit Prabowo menyampaikan, momen balap sepeda ini tidak hanya untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, namun juga tujuan lebih luas menarik pandangan mata Indonesia dan dunia terhadap Kepulauan Belitung.

“Bangka Belitung merupakan salah satu pulau terindah Indonesia dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul. Harapan kami sangat besar, Tour of Kemala 2022 dapat membawa manfaat berlapis dan multisektor, tidak hanya bagi pecinta olahraga sepeda, tetapi juga masyarakat sekitar,” jelas Juliati.

Perwakilan dari komunitas sepeda Women Cycling Comunity (WCC) Nusantara, Tabitha Sumendap mengatakan, kondisi lintasan yang digunakan akan memanjakan mata. Tabitha pun menyebut, Kepulauan Belitung adalah surga untuk para goweser dengan kondisi aspal yang baik, ditambah dengan pemandangan yang begitu mempesona.

“Kondisi aspalnya halus, lalu pemandangan dengan penghijauan juga, Belitung ibaratnya surga untuk para goweser,” ujar Tabitha kepada awak media.

Tour of Kemala 2022 memainkan dua kategori yaitu Bicycle Race 125km untuk peserta profesional, dari nasional dan internasional, serta Bicycle Tour 56 km yang dapat diikuti peserta non profesional.

Berita video sepeda lipat Brompton menghadirkan race atau balapan dengan konsep menarik di Jakarta.

Artikel ini bersumber dari : www.liputan6.com.

Tinggalkan komentar