Momen G20, Kunjungan ke 3 Destinasi Wisata di Belitung Pecah Rekor

BELITUNG, KOMPAS.com- Gelaran Development Ministerial Meeting (DMM) G20 di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, berdampak ke berbagai destinasi pariwisata.

Sebanyak tiga di antaranya bahkan sukses meraih rekor nasional dari Lembaga Prestasi dan Rekor Indonesia Dunia (Leprid).

Destinasi yang dinobatkan itu yakni Rimba Alam Bahagia di Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau.

Ini merupakan kawasan terpadu pariwisata alam sehat dan kuliner vegetarian pertama di Indonesia.

Baca juga: Di Candi Borobudur, Delegasi G20 Tanam Pohon yang Terpahat di Relief

Kemudian Arkillaa Mangrove Lounge di Desa Bantan, Membalong. Merupakan floating lounge bakau dan laut yang pertama dan satu satunya di Indonesia. Pendirinya Lim Dickson juga mendapatkan penghargaan sebagai pemrakarsa pertama.

Selanjutnya yang ketiga, Ruma Makan Belitong Timpo Duluk di Tanjungpandan. Tempat ini meraih rekor untuk kategori rumah makan tradisional khas Belitong yang pertama di Indonesia.

Ketiga rekor ini mengukuhkan Belitung sebagai destinasi wisata yang terus berinovasi dengan berbasiskan originalitas, keasrian, keindahan, keramahan, kenyamanan berbasiskan kearifan lokal.

Piagam penghargaan rekor diserahkan Paulus Pangka selaku pendiri dan ketua umum Leprid di Belitung setelah penilaian pada 18 dan 19 September 2022.

Baca juga: Gubernur Koster Sebut Perhelatan G20 Belum Mampu Tekan Inflasi di Bali

Saat bersamaan, Belitung bertindak sebagai tuan rumah sport tourism “Kemala” yang merupakan ajang lomba sepeda road bike 125 kilometer dan 56 kilometer yang digelar selama dua hari.

Artikel ini bersumber dari : regional.kompas.com.

Tinggalkan komentar