Museum Sri Baduga, Wisata Edukasi Sejarah dan Budaya Sunda

Diposting pada

MUSEUM Sri Baduga, Jalan BKR, adalah salah satu tempat wisata sejarah di Kota Bandung. Lokasinya berada tepat di seberang Taman Tegallega Kota Bandung, museum ini didirikan tahun 1974.

Museum ini kaya akan koleksi bersejarah. Di museum ini pengunjung bisa mengenal budaya Sunda, termasuk peninggalan kerajaan-kerajaannya.

Baca Juga:

Rusip, Olahan Ikan Teri Oleh-oleh Khas Bangka yang Merdesa

museum
Museum Sri Baduga banyak memamerkan berbagai macam benda bersejarah dan benda antik yang bernilai seni tinggi. (Humas Bandung)

Museum Sri Baduga diresmikan pada 1980 dengan nama Museum Negeri Provisi Jawa Barat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Daud Yusuf.

Di tahun 1990, museum ini berubah nama menjadi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga.

Nama Sri Baduga sendiri diambil dari Raja Agung kerajaan Sunda yang beragama Hindu di Jawa Barat.

Koleksi pada Museum Sri Baduga banyak memamerkan berbagai macam benda bersejarah dan benda antik yang bernilai seni tinggi.

Beragam benda tersebut terdiri dari beberapa koleksi, seperti koleksi arca pada zaman megalitik, pakaian adat, rumah, perkakas, permainan, dan alat musik tradisional.

Menurut laman Tempat Wisata di Bandung, Museum Sri Baduga memiliki banyak koleksi benda-benda bersejarah yang ada di tatar tanah Sunda. Seperti berbagai jenis koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa dan Teknologi.

Baca Juga:

Seba Baduy, Bentuk ‘Upeti’ pada Pemerintah

museum
Koleksi yang ada di museum ini tercatat tidak kurang dari 5.367 koleksi. (Humas Bandung)

Koleksi yang ada di museum ini tercatat tidak kurang dari 5.367 koleksi peninggalan bersejarah yang sangat tidak ternilai harganya.

“Saya tertarik sama kereta kencananya. Saya memang tertarik tentang arkeolog,” ungkap Dela, salah satu pengunjung.

Hal yang menarik dari arsitektur museum ini yaitu bangunannya berbentuk seperti rumah panggung dan suhunan panjang yang menggambarkan rumah khas Jawa Barat.

Museum Sri Baduga buka dari Selasa-Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedangkan Sabtu-Minggu pukul 08.00 – 14.00 WIB, dan tutup pada hari Senin/libur nasional.

Baca Juga :   Camat Cibitung Optimistis Kabupaten Bekasi Hattrick Juara P2WKSS Tingkat Jawa Barat

Bagi yang ingin berkunjung bisa datang langsung ke Jalan BKR Nomor 185, cukup membayar Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak – anak. Harga tiket ini murah meriah dibandingkan wisata lainnya. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Saatnya Melonggok ke Destinasi Wisata di Garut, Penuh Pesona


Artikel ini bersumber dari : merahputih.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *