Ngiler Banget, 5 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Kuliner yang Menarik

Diposting pada

Kuliner menjadi salah satu hal yang selalu menarik untuk diulas. Beberapa di antaranya bahkan diangkat menjadi tema utama dalam sebuah film. Dunia perfilman Indonesia juga sempat diramaikan oleh film bertema kuliner yang menarik perhatian. Berikut 5 film asal Indonesia bertema kuliner yang dapat kamu tonton.

1. Madre (2013)

Madre (imdb.com)
Madre (imdb.com)

Dibintangi Vino G Bastian sebagai Tansen, yang diwariskan adonan biang roti yang telah berumur 70 tahun yang diberi nama Madre oleh kakeknya. Madre disimpan dan dikunci dalam sebuah lemari es. Hal ini akhirnya mampu mengubah arah nasib Tansen yang awalnya menjadi seorang peselancar. Ia kembali mengelola toko roti Madre yang sudah berdiri sejak tahun 60an dan berhenti beroperasi sepeninggalan kakeknya. Laura Basuki, Didi Petet, dan Titi qadarsih turut mengambil peran dalam film ini.

2. Tabula Rasa (2014)

Tabula Rasa (imdb.com)
Tabula Rasa (imdb.com)

Film karya Andriyanto Dewo ini menyoroti perjalanan Hans (Jimmy Kabogau) pemuda asal Papua yang merantau ke Jakarta untuk menjadi pesepak bola. Namun mimpi itu terhenti karena cidera kaki yang dideritanya.

Setelah mimpinya kandas, Hans tak punya arah dan terdampar di kota metropolitan. Ia diselamatkan oleh Mak Uwo (Dewi Irawan) dan Natsir (Ozzol Ramdan) secara tidak sengaja dan mengajaknya ke rumah makan sederhana milik Mak Uwo.

Konflik dimulai ketika sang juru masak bernama Parmanto (Yayu Unru) tidak menyukai kehadiran Hans. Namun pertemuan itu mengubah hidup Hans. Ia diajari cara memasak masakan khas minang olek Mak. Menu baru gulai kepala ikan yasng dibuat Mak dan Hans berhasil menarik lebih banyak pembeli.

Baca Juga :   Danau Paniai Asset Wisata Masa Depan

3. Filosofi Kopi (2015)

Filosofi Kopi 2015 (imdb.com)
Filosofi Kopi 2015 (imdb.com)

Film yang diadaptasi dari novel karya Dewi Lestari ini menceritakan tentang Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto), dua sahabat yang membangun kedai kopi bernama Filosofi Kopi. Namun mereka memiliki hutang besar yang mengancam keberlangsungan kedai itu. Kemudian muncul seorang pengusaha yang membantu mereka melunasi hutang. Namun sang pengusaha menantang mereka untuk menemukan kopi Tiwus yang akan menentukan kelanjutan cerita persahabatan dan kedai mereka.

Cerita mereka berlanjut ke film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (2017) dan Ben & Jody (2022) yang masih diperankan oleh aktor yang sama

4. Aruna & Lidahnya (2018)

Potret Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Oka Antara, and Hannah Al Rashid di Arunda dan Lidahnya (imdb.com)
Potret Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Oka Antara, and Hannah Al Rashid di Arunda dan Lidahnya (imdb.com)

Merupakan kisah adaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak yang diangkat ke layar lebar. Film ini menceritakan perjalanan empat sekawan ke empat kota di Indonesia yaitu Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang. Mereka melakukannya dalam misi untuk investigasi kasus flu burung dan berwisata kuliner.

Mulanya Aruna (Dian Sastrowardoyo) yang berprofesi sebagai ahli wabah mendapat tugas untuk menyelidikai kasus flu burung ke beberapa kota di Indonesia. Ia ditemani oleh sahabatnya yang seorang koki, Bono (Nicholas Saputra). Mereka juga menyambut kehadiran Nad (Hannah Al Rashid) seorang kritikus makanan yang ditaksir oleh Bono. Ada juga teman kantor yang ditaksir Aruna bernama Farish (Oka Antara).

Keempatnya dipersatukan oleh perjalanan berburu kuliner yang seru, kisah percintaan, dan berbagai intrik yang menarik. Penonton akan disuguhkan visual aneka makanan khas indonesia yang sangat menggiurkan.

5. Koki Koki Cilik (2018, 2019)

Koki Cilik (imdb.com)
Koki Cilik (imdb.com)

Film yang cocok untuk ditonton bersama keluarga ini menyoroti kisah seorang anak dari keluarga yang kurang mampu bernama Bima (Farras Fatik). Bima bertekad untuk bergabung dalam Cooking Camp, acara seputar memasak yang mahal dan bergengsi. Hadiah dari acara itu sangat menggiurkan ditambah gelar koki cilik bagi pemenangnya. Bima melewati berbagai tantangan ditengah keterbatasannya dalam memasak terutama pada resep masakan asing. Film ini turut dibintangi oleh Ringgo Agus, Morgan Oey, hingga Aura Kasih

Baca Juga :   AKBP Zaenal Arifin: Kuliner di Balangan Unik

Sementara di Koki Koki Cilik 2 (2019) cerita garis besarnya tak jauh berbeda dari film pertama yang mengutamakan tentang persahabatan, kegembiraan, dan petualangan.

Itulah kelima film Indonesia bertema kuliner yang bisa kamu tonton untuk hiburan dan menambah wawasan dalam dunia kuliner.


Artikel ini bersumber dari : yoursay.suara.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *