Nikmatnya Batagor Haji Isan di Bandung, Sudah Jadi Pelopor Sejak 1968


Batagor H.Isan Bandung. ©2022 Dokumentasi Humas Pemkot Bandung/ Merdeka.com

Merdeka.com – Selama ini batagor dikenal sebagai jajanan ringan asal dari Kota Bandung, Jawa Barat. Makanan ini memiliki cita rasa gurih, dengan campuran bumbu kacang manis pedas yang khas. Di salah satu sudut kota kembang, terdapat kedai batagor legendaris bernama Batagor Haji Isan (H.Isan).

Lokasi kedai Batagor H. Isan ini pusatnya berada di Jalan Bojongloa, nomor 38, atau tidak jauh dari wilayah Pasir Koja. Yang menarik, warung milik H.Isan ini disebut-sebut sebagai pelopor jajanan batagor, di Kota Bandung.

“Jadi saya kalo lagi pengen batagor pasti ke sini tidak pernah ke yang lain,” aku, salah satu pelanggan Batagor H.Isan, Erwin, mengutip laman Pemkot Bandung, Kamis (22/9).

2 dari 4 halaman

Sudah Ada Sejak 1968

batagor hisan bandung

©2022 Dokumentasi Humas Pemkot Bandung/ Merdeka.com

H.Isan sendiri diketahui memulai usaha batagornya pada tahun 1968. Saat itu, dirinya membuka usaha bakso tahu kukus (sejenis siomay) di kediamannya, sekitar Jalan Kopo. Isan juga diketahui pernah berkeliling di sekitar Kopo sampai Kiaracondong.

Disebutkan, awal terciptanya batagor miliknya bermula dari ketidaksengajaan. Saat itu, untuk mengawetkan sisa jualannya, bakso tahu kukusnya ia goreng agar tidak basi. Tak disangka, banyak yang menyukainya.

Dari situ ia kemudian mencoba berjualan batagor, hingga terus berkembang dan diburu penggemar sampai saat ini menetap di Jalan Bojongloa.

3 dari 4 halaman

Mempertahankan Resep dan Berinovasi

batagor hisan bandung

©2022 Dokumentasi Humas Pemkot Bandung/ Merdeka.com

Erwin mengaku memilih Batagor H.Isan lantaran rasanya yang tidak berubah dari dulu, sehingga tetap otentik.

Menurut salah seorang pengelola Batagor H. Isan, Nanang, pihkanya memang tetap menjaga resep sejak dahulu. Walau begitu, pihaknya juga tetap berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman dengan berinovasi.

“Kita harus menciptakan beberapa inovasi dari segi menu hingga penjualan secara online untuk menjangkau para pembeli,” ujarnya. 

Selain menyajikan batagor, kedai milik H.Isan juga menyediakan mi yamin manis komplit, mi yamin asin komplit, batagor bakso, dan mi bakso komplit.

4 dari 4 halaman

Harganya Tak Menguras Kantong

batagor hisan bandung

©2022 Dokumentasi Humas Pemkot Bandung/ Merdeka.com

Tekstur Batagor H.Isan sendiri begitu khas, dan dibuat dengan campuran bahan seperti tepung, ikan tenggiri hingga bumbu-bumbun sehingga menciptakan sensasi renyah di luar tetapi lembut di dalam.

Untuk harganya sendiri, Batagor H.Isan tidak menguras kantong yang berkisar mulai dari Rp4.000 hingga Rp20.000, per porsinya tergantu varian isi.

Selain terkenal dengan rasanya, Batagor H.Isan juga diakui di dunia kuliner dengan menyabet beberapa penghargaan. Salah satunya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai kuliner legendaris.

[nrd]


Artikel ini bersumber dari : www.merdeka.com.

Tinggalkan komentar