Nikmatnya Wisata Kuliner Aceh, Ada Sambal Ganja hingga Kuah Beulangong : Okezone Travel

Diposting pada

WISATA kuliner khas Aceh dikenal enak dan lezat. Mulai dari menu kari kambing, ayam tangkap, daging, bebek, dan lainnya identik dengan cita rasa rempah menggugah selera.

Kelezatan masakan Aceh sudah diakui oleh masyarakat Indonesia. Menu makanan Aceh biasanya juga terkenal “nagih” dan “ngangenin.”

Masakan Aceh tersebar di berbagai rumah makan. Di Jakarta, tepatnya di Resto Kanabu Anda wajib mencicipi berbagai sajian khas Aceh yang menggiurkan. Keunikan dari restoran ini adalah dimasak menggunakan 20 jenis rempah asli Aceh.

Kanabu berlokasi di Jalan Bendungan Hilir No 44A. Berada di sini, Anda dapat mencicipi hidangan yang membuat ketagihan. Penasaran, ingin menjajal hidangan khas Aceh yang dihidangkan dengan rempah asli? Berikut ulasannya dirangkum MNC Portal:

infografis

Konsep unik

Teuku Fitriansyah selaku Store Manager dari Kanabu mengatakan, dia ingin membawa cita rasa masakan Aceh asli ke ibu kota. Penggemar kuliner Aceh akan terasa nyaman jika singgah ke resto ini. Sebab, Anda seperti sedang berada di Aceh.

Saat memasuki resto, Anda akan disambut dengan pemandangan wajan besar dan dapur kecil. Kemudian, di bagian dalam terdapat dekorasi restoran Kanabu dengan pelaminan khas Aceh yang bisa menjadi salah satu objek foto para pengunjung.

“Konsep restoran ini berbeda dari yang lain. Di bagian dinding terdapat ukiran pemandangan gunung. Itu ciri khas di Aceh ada gunung tiga. Jadi mengikuti gunung tersebut. Kemudian, ada foto booth pelaminan khas Aceh yang sudah dilengkapi dengan topi khas Teuku Umar. Jika ingin foto di pelaminan silahkan menggunakan topi,” kata Teuku Fitriansyah, melalui keterangannya di Jakarta belum lama ini.


Baca Juga: 17 Awak Kapal Ikan Vietnam Non Justisia Dipulangkan

Baca Juga :   Pemprov Disarankan Jaga Potensi Wisata di Lampung

20 jenis rempah

Ketika harus menyebutkan menu khas dari Aceh yang sudah terkenal dan menjadi ikon adalah Mie Aceh.

Namun, variasi menu makanan khas Aceh bukan hanya Mie Aceh saja.

Ternyata masih banyak menu khas lain yang perlu Anda cicipi. Kanabu menawarkan berbagai menu khas Aceh lain yang menjadi andalan, di antaranya ayam tangkap, kari kambing, daging tangkap, kari bebek, ikan kayu (keumamah) dan sambal ganja.

Menu-menu lainnya juga ditawarkan oleh Kanabu Resto dengan resep dan bumbu-bumbu khas Aceh. Kari kambing merupakan menu andalan, dibuat secara unik yaitu di satu kuali yang sangat besar yang dapat memuat 30-40 kg daging kambing dan 100 liter kuah kari.

“Masakan ini menggunakan lebih dari 20 macam rempah. Orang Aceh sering menyebutnya Kuah Beulangong dan daging yang digunakan oleh Kanabu yaitu daging kambing tanpa tulang dengan potongan besar,” kata Teuku.

Ayam Tangkap

Ayam Tangkap di Kanabu juga sedikit berbeda. Ayam Tangkap Kanabu menggunakan ayam kampung yang dimarinasi dengan bumbu spesial Kanabu dan digoreng dengan daun koja dan daun pandan dengan rempah lainnya. Potongan ayam tangkap Kanabu cukup besar, satu ekor dibagi menjadi empat bagian.

“Ayam tangkap ada sejarahnya. Ayam tangkap dimasak dengan cara digoreng menggunakan daun kari khas Aceh. Karena banyak rempah, dan saat akan dimakan perlu dipilih dulu rempahnya. Makanya dinamakan ayam tangkap,” kata dia.

Sambal Ganja

Salah satu menu yang menarik perhatian dari menu-menu ditawarkan Kanabu salah satunya adalah Sambal Ganja. Sambal Ganja berbahan dasar cabai, belimbing wuluh, bawang merah, garam, jeruk nipis, dan menggunakan udang khusus. “Meski memiliki nama yang unik, dipastikan sambal ini sama sekali tidak mengandung ganja. Tapi dapat membuat ketagihan,” kata Teuku.

Baca Juga :   Ada 13 Kuliner Legendaris di Bandung, Wajib Anda Kunjungi!

Lokasi

Kanabu berlokasi di Jalan Bendungan Hilir No 44A. Berada di sini, Anda dapat mencicipi hidangan yang membuat ketagihan.

“Kami memilih lokasi di area Bendungan Hilir agar bisa menjadi pilihan untuk keluarga yang tinggal di area perumahan dan juga untuk para pekerja kantoran yang biasanya senang untuk makan siang bersama sebagai hiburan penat dari rutinitas kantor,” ujar Teuku.

Artikel ini bersumber dari : travel.okezone.com.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *