Nomor 1 Kaya Akan Emas hingga Batubara

Diposting pada

JAYAPURA, iNews.id – Pulau terluas di Indonesia ada beberapa dan memiliki kekhasan masing-masing. Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak pulau.

Bahkan di Indonesia, masih banyak pulau tak berpenghuni hanya dipenuhi oleh ekosistem hutan mangrove, sebagai penahan abrasi pantai dan hewan liar. Indonesia memiliki 17.000 pulau yang terdiri dari gugus pulau besar berpenghuni dan pulau kecil.

Berikut daftar pulau terluas di Indonesia:

Memiliki luas wilayah 785.753 kilometer persegi. Termasuk pulau terluas kedua setelah Greenland. Walaupun sangat luas, namun perekonomian di Papua dinilai masih tertinggal dengan wilayah lainnya. 

Banyaknya sumber daya alam dan kekayaan yang melimpah, tak menjadikan Papua sebagai daerah yang kaya. Kekayaan alam yang melimpah dari daerah Papua, yakni emas, tambang dan batubara. 

Bumi Papua juga memiliki hewan endemik yang menjadi simbol dari tanah, yaitu burung cenderawasih.

Dikenal dengan sebutan Borneo, merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dan pulau terbesar kedua di Indonesia. Total luas wilayah pulau Kalimantan mencapai 743.330 kilometer persegi yang luasannya terbagi ke dalam tiga negara. Tiga negara tersebut, Indonesia, Kalimantan dan Brunei. 

Indonesia mendominasi wilayah Kalimantan dengan persentase wilayah sebesar 73 %, kemudian di bagian utara, yakni Sabah dan Serawak dikuasai oleh Malaysia dengan luas wilayah sebesar 24% dan sisanya dikuasai oleh Brunei. 

Kalimantan memiliki  hutan yang sangat luas dan menjadikan Kalimantan sebagai paru-paru dunia dan perlu dijaga kelestarian hutannya.

3. Sumatera

Sering disebut Andalas memiliki total luas wilayah 473.481 kilometer persegi. Merupakan pulau terluas keenam setelah Baffin Island. 

Terletak di sebelah barat Jawa dan di selatan Semenanjung Malaya. Sumatera memiliki banyak ragam fauna dan flora yang hampir punah, sehingga  banyak sekali didirikan cagar alam, suaka margasatwa serta taman nasional guna menjaga keaslian habitat lingkungan mereka. 

Baca Juga :   Kedai Kopi Ko Acung Sabang, Sensasi Apik Kuliner Sambas dan Live Music

Hewan endemik pulau ini, di antaranya, gajah sumatera, harimau sumatera, badak sumatera. Selain itu memiliki kekayaan alam melimpah dan tanah yang subur, akibat banyak gunung berapi aktif dan termasuk dalam lingkungan “ring of fire”. 

Suku yang mendiami pulau ini banyak dari keturunan orang Melayu dan logat serta bahasa yang menjadi ciri khas daerah Sumatera juga masih kental dengan adat Melayu. Sumatera masih serumpun dengan Melayu dan wilayahnya pulau yang berdekatan dengan daerah suku Melayu lainnya seperti Malaysia dan Singapura.

4. Sulawesi

Pulau yang dikenal dengan celebes ini merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia. Memiliki keunikan berbentuk huruf K , jika dilihat dari peta atau atlas.

Luas Pulau Sulawesi diperkirakan 174.600 kilometer persegi. Letaknya dikelilingi oleh lautan luas, sehingga banyak dari suku di Sulawesi yang nenek moyangnya seorang pelaut suku Bugis dan suku Bajo. 

Selain itu, kekayaan alam lautan yang melimpah membuat Sulawesi terkenal dengan wisata bawah laut yang cantik. Wisata di Sulawesi yang berhubungan dengan laut yang terkenal, yaitu Taman Nasional Taka Bonerate dan Taman Nasional Wakatobi.

Editor : Kurnia Illahi

Bagikan Artikel:


Artikel ini bersumber dari : papua.inews.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *