6 Oleh-Oleh Khas Bromo, dari Makanan hingga Cinderamata

Diposting pada

Oleh-Oleh Khas Bromo – Gunung Bromo atau Brama dalam Bahasa Tengger merupakan gunung berapi yang berada di Jawa Timur. Memiliki ketinggian 2.329 dan berada dalam 4 wilayah di Jawa Timur, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.

Oleh-Oleh Khas Bromo

Oleh-Oleh Khas Bromo
Oleh-Oleh Khas Bromo

Jika berkunjung ke Gunung Bromo, wajib banget untuk beli oleh-oleh khas Bromo. Baik minuman, makanan atau cinderamata. Karena kapanlagi Anda datang ke Bromo dan membawa pulang kenang-kenangan.

1. Abon Kluwih

Oleh-oleh pertama yaitu bernama abon kluwih. Jika pada umumnya, abon terbuat dari daging ayam dan sapi, berbeda dengan abon kluwih khas bromo ini. Abon kluwih terbuat dari sejenis buah nangka namun lebih sering digunakan sebagai sayur.

Abon ini cocok banget dijadikan oleh-oleh karena jarang banget dijual dipasaran. Harga yang ditawarkan juga cukup ramah, mulai dari 15 ribu hingga 27 ribu saja.

2. Sirup Pokak

Sirup pokak ini terbuat dari rempah yang kemudian dicampurkan dengan jeruk. Rempah yang biasanya digunakan bisa berupa jahe, gula, kayu manis, keningar, serah, kapulaga, jeruk purut dan beberapa rempah lainnya.

Rempah yang digunakan ini bisa membuat tubuh hangat apalagi di udara Bromo yang sejuk dan dingin. Harga yng dibandrol untuk sirup congkak berkisar 10 ribu saja. Cukup ramah dikantong apalagi berada di kawasan wisata.

3. Kerupuk Kentang

Bromo terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kentang. Tidak heran, jika di Bromo banyak terdapat keripik kentang yang diolah oleh masyarakat setempat. Untuk cara pengolahannya juga masih sederhana namun memiliki cita rasa yang khas.

Baca Juga :   Terpopuler: Viral Pendemo Berhijab Naik ke Kap Mobil Plat Merah, Suryadharma Ali dan Patrialis Akbar Hirup Udara Bebas

Inilah yang membuat keripik kentang Bromo sangat disukai. Selain itu, dilihat dari segi harga juga sangat murah hanya 10 ribu per bungkus.

4. Bledus Tengger dan Aron

Oleh-oleh khas bromo keempat ini memiliki nama yang cukup unik untuk sebuah makanan. Bledus tengger terbuat dari jagung putih yang direbus bersama santan. Bledus tengger disantap bersama dengan onde-onde dan disajikan hanya dalam acara khusus saja.

Selain bledus tengger ada juga nasi aron yang juga terbuat dari jagung putih. Namun pada nasi aron, jagung putih disantap bersama dengan sayur daun ranti, tempe, ikan tahu serta tidak ketinggalan sambal.

5. Bunga Edelweis

Pasti pernah mendengar nama bunga edelweis kan? Jadi bunga edelweis atau biasa disebut bunga keabadian adalah bunga khas yang tumbuh di Gunung Bromo. Bunga ini tidak bisa sembarang dipetik di alam liar, karena bisa membuat kerusakan alam apabila dilakukan sembarangan.

Namun tenang, Anda bisa membeli bunga edelweis yang dijual oleh masyarakat sekitar. Mereka membuat inovasi bunga edelweis menjadi boneka yang cantik dan lucu.

6. Sawut Kabut Bromo

Terakhir ada sawut kabut bromo yang berbahan dasar singkok. Makanan satu ini bahkan sudah menyebar hingga ke mancanegara. Sawut kabut bromo memiliki bentuk kerucut dengan gumpalan kecil yang ditaburi dengan murbei hitam dan mutiara merah.

Memiliki cita rasa yang manis dan biasanya tergantung dengan jenis ubi yang digunakan. Makanan satu ini sudah menjadi makanan identik bagi Suku Tengger Bromo. Untuk mendapatkannya Anda bisa mencari toko yang menjual oleh-oleh di sekitar Probolinggo.

Dari 6 oleh-oleh khas Bromo diatas, mana yang membuat Anda tertarik untuk mencoba dan datang langsung ke Gunung Bromo? Apakah bunga edelweis yang memiliki lambang keabadian, atau malah sirup pokak dengan rempah yang sehat? Semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Ini 6 Manfaat Makan Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *