Pantai Matras, Mutiara dari Bangka

Diposting pada

PULAU Bangka merupakan pulau terbesar kesembilan di Indonesia. Kembarannya, yakni Pulau Belitung lebih dahulu kondang berkat novel best seller Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi.

Gabungan dari kedua pulau ini membentuk Provinsi Bangka Belitung sejak tahun 2000, dengan Pangkal Pinang sebagai ibukotanya. Provinsi tersebut menyimpan sejuta keindahan alam yang menakjubkan salah satunya pantai Matras. Laman menulis, pantai tersebut terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur Pulau Bangka 40 kilometer dari Pangkalpinang dan 7 kilometer dari Kota Sungailiat.

Pantai ini juga merupakan salah satu pantai di Pulau Bangka yang memiliki keindahan pasir putih yang mempunyai tekstur halus dan juga pantainya tergolong landai. Panjang pantai ini bisa sampai dengan 3 kilometer dengan lebar pantai 20 sampai 30 meter. Para wisatawan menyebutnya sebagai Kuta Bali di Bangka. Pantai Matras termasuk pantai yang paling ramai pengunjungnya di Bangka.

Tidak hanya warga atau masyarakat sekitar yang senang berlibur di sini, wisatawan dari luar kota sampai yang berasal dari mancanegara pun banyak yang berkunjung ke pantai berpasir putih lembut ini. Selain itu, Pantai Matras juga di latar belakangi oleh pepohonan kelapa dan aliran sungai dengan aliran air yang sangat jernih. Ketika tiba di Pantai Matras pengunjung akan langsung dimanjakan dengan panorama pantai yang memikat.

Hamparan luas pasir putih nan lembut dengan bebatuan yang ada di sekelilingnya, membuat pantai Matras seperti mutiara yang ada di hadapan kita. Pantai Matras sering disebut Pantai Surga karena keindahannya. Selain julukan itu, Pantai Matras pun terkenal dengan nama pantai Rakyat. Nama ini disematkan pada Pantai Matras karena lokasi atau letak pantai yang mudah dijangkau, plus harga tiket masuk objek wisata ini cukup ramah di kantong cocok juga untuk tempat wisata berbulan madu.

Baca Juga :   Pemkot Pangkalpinang hadirkan destinasi wisata baru

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah lokasinya yang nyaman dan tenang akan memberikan keleluasaan kepada pengunjung untuk menyantap makanan sambil bersandar di bebatuan alam dan menikmati keindahan suasana pantai. Di kawasan Pantai Matras juga telah dibangun banyak tempat peristirahatan berupa bungalow sederhana yang kian menambah betah pengunjung.

Pemandangan indah di Pantai Matras terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan bagian utara. Pada bagian utara adalah pemandangan hamparan pasir pantai yang serasa tidak memiliki ujung karena Pantai Matras ini merupakan pantai yang terpanjang di Bangka.

Pantai Matras, Bangka. Foto: IST
Pantai Matras, Bangka. Foto: IST

Sedangkan pemandangan di selatan, yang terlihat oleh mata justru ujung tanjung yang terdiri dari batu-batuan granit khas dari Pulau Bangka yang eksotis. Wisatawan yang berkunjung ke pantai Matras, pasti akan merasa betah, karena pasir putih dan bersih seperti mutiara membuat kagum para pengunjung, ditambah lagi dengan ombak yang tenang, dan nyaman bagi anak anak, membuat liburan ke pantai ini akan lebih seru lagi.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati batu granit yang berjejer di sekitar pantai Matras dan sangat cocok untuk mengabadikannya dengan kamera profesional maupun menggunakan kamera di smartphone. Foto itu juga layak untuk dijadikan latar belakang di media sosial.

Di destinasi wisata ini wisatawan bisa berenang, sambil bermain-main. Fasilitas di pantai ini juga sudah lengkap mulai dari tempat kebersihan seperti kamar mandi, kamar bilas, toilet, tempat ibadah, kuliner, dan juga oleh -oleh.

Pada malam hari, wisatawan juga bisa menikmati suasana dari pantai sambil melihat kapal-kapal nelayan yang berlayar di tengah lautan. Sambil menikmati pemandangan itu suasana kian asyik manakala ditemani dengan ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah, maupun minuman hangat yang bisa dibeli di restoran terdekat.

Baca Juga :   Keren, Selama Lima Hari Perputaran Uang di Food Milenial Festival Pangkalpinang Capai Rp 10 Miliar
Pengina[an di Pantai Matras, Bangka. Foto: IST
Pengina[an di Pantai Matras, Bangka. Foto: IST

Di Pantai Matras juga sudah tersedia tempat hiburan. Lalu, ada pusat penjualan cinderamata yang menjual oleh-oleh khas Bangka seperti rusip, kecalok, kerupuk ikan, kemplang, belacan, dan lada bubuk.

Untuk dapat mencapai pantai ini wisatawan bisa menggunakan bermacam jenis kendaraan yang dapat disewa di Bandara Depati Amir. Atau, ingin menggunakan transportasi angkutan umum, bisa naik angkutan kota jenis Colt dari daerah Pangkalpinang. Perjalanan dari Pangkalpinang menuju ke pantai Matras kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam dengan jalanan yang naik turun (bergelombang).

Di tempat ini pengunjung yang masuk hanya dikenakan biaya masuk pada saat memasuki gerbang pantai, besarnya sekitar Rp 5.000 per orang.

Baca juga

Editor : Gora Kunjana ([email protected])


Artikel ini bersumber dari : investor.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *