Pasangan Putra-Putri asal NTT Unjuk Kebolehan di PKPI Gorontalo 2022

Diposting pada

GOPOS.ID, GORONTALO – Pekan Kreatif Pemuda Indonesia (PKPI) 2022 di Gorontalo resmi dimulai, Rabu (5/10/2022). Iven yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu diikuti perwakilan putra-putri terbaik dari 34 provinsi se-Indonesia. Di antaranya pasangan putra-putri asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adalah Fransisco Yadinnsa Darjan dan Gaudensia Resha Londa, pasangan putra-putri asal Provinsi NTT yang turut ambil bagian pada PKPI 2022 di Gorontalo. Fransisco dan Gaudensia akan ikut menyemarakkan pelaksanaan PKPI dengan menampilkan kesenian khas dan busana tradisional NTT.

Fransisco yang biasa disapa Riko akan mempersembahkan penampilan terbaik dibidang musik. Pemuda itu akan menyanyikan lagu wajib yang sudah disiapkan panitia pelaksana, lagu daerah, dan aransemen musik. Riko mengaku hanya butuh waktu dua minggu saja untuk mempersiapkan diri, mulai dari atribut hingga kesiapan untuk tampil.

“Saya akan menyanyikan lagu daerah NTT, judulnya Mata Leso Ge,” kata Riko saat ditemui gopos.id, Rabu (5/10/2022).

Fransisco Yadinnsa Darjan dan Gaudensia Resha Londa, Perwakilan provinsi Nusa Tenggara Timur, saat mengikuti pawai PKPI 2022 di Gorontalo, Rabu (5/10/2022). (sari/gopos)

Bila Riko yang akan tampil dengan suara merdunya, Gaudensia Resha Londa akan mengikuti lomba fashion show. Dirinya akan tampil di atas catwalk fashion show dengan busana khas NTT. Perempuan yang kerap disapa Resa ini, mengaku akan memamerkan keindahan sarung tenun di daerahnya. Ia mengatakan provinsi NTT memiliki banyak keberagaman bahasa dan budaya. Ia akan tampil dengan kain tenun khas Kabupaten Nagekeo

“Baju yang akan saya kenakan nanti, itu 70 persen menggunakan kain tenun. Setalah itu dilengkapi dengan aksesoris lainnya. Tapi didesain dengan konsep modern,” imbuh Resa.

Sebagai perwakilan Provinsi NTT Resa mengajak masyarakat NTT utamanya kawula muda untuk melestarikan budaya yang ada di NTT.

“Mari kita lestarikan budaya kita, tradisi turun temurun di kancah nasional ataupun internasional,”pungkasnya. (Sari/gopos)

Baca Juga :   Sekretaris Umum bersama Pokja 3 TP PKK Pusat Melakukan Penguatan Program Peracik PKK di Bengkulu – PEMERINTAH PROVINSI BENGKULU

Artikel ini bersumber dari : gopos.id.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *