Peminat Walking Tour Membeludak, dan Jokowi Instruksikan MRT Jakarta Beli KCI Jadi Top 3 Metro

Diposting pada

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan destinasi wisata di Jakarta menawarkan berbagai pengalaman dan produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial, dan alam yang luas dan heterogen untuk liburan dan bisnis. Berita perihal ini masuk sebagai nomor satu di Top 3 Metro hari ini.

Pada posisi kedua ada berita Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rencana MRT Jakarta mengakuisisi saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) merupakan amanat dalam rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Menurut dia, pemerintah DKI berupaya merealisasikan perintah itu.

Selanjutnya, di posisi 3 Top 3 Metro adalah hasil survei telepolling Lembaga Pusat Data Bersatu (PDB) yang menunjukkan 83,8 persen warga Jakarta merasa puas terhadap kerja pemerintahan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Riza Patria.“Kami menemukan sebanyak 83,8 persen responden yang dinyatakan puas dan sangat puas terhadap kinerja Anies-Riza dan kemudian hanya 16,1 persem yang dinyatakan tidak puas dan sangat tidak puas terhadap kinerja Anies-Riza,” kata peneliti Pusat Data Bersatu, Syariffudin, saat membacakan hasil survei di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis, 29 September 2022.

Berikut ini Top 3 Metro hari ini:

1. Peminat Walking Tour Membeludak, Menikmati Wajah Baru Jakarta dengan Jalur Pedestrian yang Lebar

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan destinasi wisata di Jakarta menawarkan berbagai pengalaman dan produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial, dan alam yang luas dan heterogen untuk liburan dan bisnis.

“Kegiatan walking tour disambut positif masyarakat dilihat dari jumlah pendaftar yang membeludak hingga jumlah kuota peserta yang langsung habis,” kata Andhika dalam keterangan tertulis, Rabu, 28 September 2022.

Ia mengatkan Pemprov DKI Jakarta melalui Walikota Jakarta Pusat dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengadakan walking tour dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Internasional.

“Harapannya, melalui kegiatan walking tour, masyarakat bisa menikmati wisata urban tourism Ibu Kota, seperti mengunjungi taman dan gedung pencakar langit di Jakarta.

Andhika mengatakan bahwa peserta walking tour adalah masyarakat umum yang telah mendaftar melalui tautan yang telah disediakan. Penyelenggaraan walking tour ini turut menggandeng Jakarta Good Guide dan komunitas pramuwisata yang sudah berlisensi, sebagai pemandu wisata.

Baca Juga :   Siapa Sangka! Rumah Tahanan yang Dulunya Seram Kini Jadi Magnet Wisata, Berani Datang?

Di akhir acara, ujar dia, peserta walking tour diajak mengunjungi Museum Nasional untuk melihat pameran Central Jakarta Through Lens 2022; Top 5 Sightseeing in Central Jakarta 2022 dan hiburan menarik lainnya dari penampilan bintang tamu.

Adapun rute yang ditawarkan pada kegiatan walking tour, yaitu:

Rute 1: Gereja Katedral – Masjid Istiqlal – Ragusa – Mahkamah Agung – Istana Merdeka – Taman Pandang Istana – Mahkamah Konstitusi – Museum Nasional.

Rute 2: Balaikota – Jakarta Smart City – Perpustakaan Nasional – Patung Thamrin – Patung Arjuna Wijaya – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif – Kementerian Pertahanan – Museum Nasional.

2. DKI Ingin MRT Jakarta Segera Akuisisi PT KCI, Realisasikan Instruksi Jokowi

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rencana MRT Jakarta mengakuisisi saham PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) merupakan amanat dalam rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Menurut dia, pemerintah DKI berupaya merealisasikan perintah tersebut.

“Jakarta terus berupaya untuk merealisaikan apa yang sudah diamanatkan pak presiden melalui ratas untuk akuisisi KCI,” kata dia saat dihubungi, Kamis, 29 September 2022. 

Jokowi menggelar ratas yang membahas soal pengelolaan transportasi Jabodetabek pada Selasa, 8 Januari 2019. Jokowi menginginkan terbentuk sistem transportasi yang terintegrasi di Jabodetabek. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lantas membentuk PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek. Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara PT MRT Jakarta dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bakal mengurusi integrasi transportasi. 

Sebelumnya, PT MRT Jakarta berencana mengakusisi 51 persen saham PT KCI. BUMD DKI ini akan meminta penyertaan modal daerah (PMD) 2023 senilai Rp 1,71 triliun guna membeli saham mayoritas PT KCI. 

Penumpang KRL Commuter Line menunggu kedatangan kereta di Peron Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat, 13 Mei 2022. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan menaikkan tarif KRL Commuter Line. Penyesuaian tarif tersebut diwacanakan mulai 1 April 2022. Namun, rencana tersebut mundur menjadi setelah Lebaran 2022. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Semula, Syafrin menuturkan, akusisi saham ditargetkan terselenggara tahun ini. Namun, kapasitas fiskal Ibu Kota terimbas pandemi Covid-19, sehingga pemerintah DKI perlu mencari sumber pendanaan lain.

“Saat ini tentu kami terus berupaya melakukan upaya melalui pembiayaan yang sesuai dengan ketentuan,” jelas dia. 

Baca Juga :   KBRI Den Haag Promosikan Ragam Kuliner Khas Indonesia

Menurut dia, pemerintah daerah intensif berkomunikasi dengan PT KCI. Namun, hingga kini belum ada kesepakatan apapun sehubungan dengan rencana akuisisi saham tersebut.

3. Survei PDB: 83,8 Persen Warga Puas Kinerja Anies Baswedan-Riza Patria

Hasil survei telepolling dari Lembaga Pusat Data Bersatu (PDB) menunjukkan 83,8 persen warga Jakarta merasa puas terhadap kerja pemerintahan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Riza Patria.

“Kami menemukan sebanyak 83,8 persen responden yang dinyatakan puas dan sangat puas terhadap kinerja Anies-Riza dan kemudian hanya 16,1 persem yang dinyatakan tidak puas dan sangat tidak puas terhadap kinerja Anies-Riza,” kata peneliti Pusat Data Bersatu, Syariffudin, saat membacakan hasil survei di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis, 29 September 2022.

Survei ini dilakukan pada 24-25 September 2022 dengan melibatkan 400 responden. Syarifuddin menjelaskan responden dipilih secara proportionate snowball menggunakan nomor telepon genggam. Margin of error survei ini lebih kurang 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Syarifuddin menuturkan kinerja Anies-Riza yang paling memuaskan warga Jakarta adalah di bidang pembangunan infrastruktur dengan nilai 37,5 persen. “Lalu 20,3 persen tata kelola perkotaan dan 11,3 persen layanan transportasi umum, tuturnya.

Ia juga menyatakan salah satu bentuk keberhasilan Anies, yaitu menata ulang infrastuktur, menambah jalur busway, penambahan armada Transjakarta, kemudian yang terbaru membangun integrasi melalui JakLingko dan biaya Mikrotrans yang digratiskan.

“Kota Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki jaringan transportasi publik, yang sudah terintergrasi dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya,” kata dia.

Pekerjaan Rumah untuk Pengganti Anies Baswedan

Masa tugas Anies Baswedan dan Riza Patria akan habis pada 16 Oktober 2022. Syarifuddin menuturkan dalam surveinya ditemukan pula sejumlah masalah paling mendesak yang dihadapi oleh warga Jakarta dan harus diselesaikan oleh penjabat gubernur pengganti Anies.

“Masalah ekonomi menjadi masalah yang dianggap paling mendesak oleh responden sebanyak 49,8 persen yang harus diselesaikan oleh penjabat gubernur selanjutnya,” ucap dia.

Kemudian masalah kedua yang mendesak untuk diselesaikan adalah kemacetan, yaitu sebanyak 20 persen disusul politik (6,8 persen).

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.


Artikel ini bersumber dari : metro.tempo.co.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Travelling.Web.id di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *